5 6 presentation yang effektip dalam bisnis marketing - jalanpisang.com

presentation yang effektip dalam bisnis marketing

suatu persembahan yang effektip harus memiliki 4 ciri
jalanpisang.com

  1. harus di bawakan selengkap-lengkapnya,mencakup setiap fakta,yang di perlukan untuk membantu,baik untuk mengatasi ketidakpuasan pada keadaan kini maupun untuk mengambil keputusan untuk memperbaikinya dengan menerima usul atau saran yang di persembahkan
  2. harus menyakini calon langganan bahwa apa yang di usulkan,wiraniaga adalah jalan yag terbaik untuk memecahkan problema dari calon langganan,sehingga menghilangkan sama sekali gambaran saingan
  3. harus di bawakan secara jelas,tanpa meninggalkan suatu kesalahpahaman
  4. harus mendapatkan kepercayaan calon langganan,bahwa setiap peryataan yang di buat oleh wiraniaga adalah benar dan si wiraniaga secara jujur berpikir demi kepentingan si calon langganan.
mengenai kepercayaan calon langgganan terhadap wiraniaga perlu di ketahui lebih mendalam.apapun usaha yang di lakukan dan bagaimanapun baik nya persembahan yang di bawakan oleh si wiraniaga,selama calon langganan tidak percaya dan tidak yakin akan kebenaran dari peryataan yang di berikan si wiraniaga persembahan akan percuma saja.oleh karena itu perlu di singgung kembali pentingnya wiraniaga mempersiapkan diri dan melaksanakan dan mengembangkan sebaiknya apa yang telah di sampaikan.
kepercayaan langganan tidak dapat anda peroleh dalam waktu singkat,tapi begitu anda mendapat hasil,tugas penjualan anda tidak berat lagi.usul apapun saudara kemukakan,langganan akan dapat menerimanya karena ia yakin bahwa apa yang saudara usulkan itu adalah saudara lakukan demi kepentinganya.

beberapa teknik2 untuk memupuk kepercayaan antara lain adalah
  1. jangan mengemukakan peryataan2 yang berlebih-lebihan.kemukakanlah hal2 apa adanyatentang kelebihan2 yang bisa di peroleh dari barang dan jasa yang saudara tawarkan.janganlah menjanjikan sesuatu yang anda tidak dapat penuhi,tapi laksanakanlah apa yang telah saudara janjikan.
  2. para wiraniaga yang sedang menjalani tugas di lapangan seringkali,tergoda untuk memihak pada langganan.dan memusuhi atau menjelekkan perusahaan yang ia wakilinya,tanda ketidaksetiaan terhadap perusahaan yang ia wakili merusak kepercayaan langganan terhadap wiraniaga yang bersangkutan.
  3. bila barang kita sudah melalui suatu testing salah satu labolatorium,sertifikat yang di peroleh dapat merupakan bukti untuk memperoleh kepercayaan tersebut.
  4. jaminan atau guarantee bisa pula merupakan bantuan penjualan yang kuat,dalam menjual suatu barang baru,atau kepada langganan baru,dalam mengemukakan adanya jaminan,haruslah kita berhati-hati,jangan terlampau di buat2 seperti misalnya pengutaraan ; "uang di kembalikan 2x lebih besar dari harga,hal ini seringkali di manfaatkan benar2 oleh langganan yang tidak etis.
jaminan berlebihan-lebihan pun akan menimbulkan kecurigaan langganan,bahwa mungkin ada udang di balik batu.sehingga hal ini menjadi boomerang bagi si wiraniaga di mana langganan menjadi hilang kepercayaan.

strategy dasar lainya yang perlu di perhatikan untuk melakukan suatu presentation
  • suatu presentation bukanlah suatu medan pertarungan,sehingga wiraniaga saja yang harus menang dalam tanya jawab maupun dalam perdebatan.bukan kemenangan dalam perdebatan.bukan kemenangan dalam berdebat yang menjadi tujuan utama dari wiraniaga yang melakukan tugas penjualan tapi memecahkan persoalan langganan sehingga dapat memberikan kepuasan terhadap pemenuhan kebutuhanya.sebagai akibat dari usaha tersebut adalah di terimahnya order oleh wiraniaga
  • menjadi suatu pendegar yang baik pun banyak membantu usaha si wiraniaga dalam menghadapi calon langganan.janganlah berbicara terus menerus tanpa memberikan langganan peluang untuk mengemukakan komentar atau pendapatnya.dengarkanlah baik2 sangahan atau pendapat yang di kemukakan sehingga langganan mendapat kesan yang baik,terhadap keseriusan persembahan kita
  • timbulkan kebutuhan atau ketemui problema dari calon langganan
  • tekankan terlebih dahulu keuntungan2 yang bisa di nikmati calon langganan dari pada penjelasan2 mengenai spesifikasi produk/barang
  • dalam penjelasan mengenai spesifikasi produk,kemukakanlah hal2 yang memecahkan problema langganan dan keuntungan2 yang bisa ia peroleh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel