5 6 Baju anak gadis dan ondercuk anak gadis - jalanpisang.com

Baju anak gadis dan ondercuk anak gadis


jalanpisang.com
apa yang kita buat ini juga di ambil dari pola dasar,anak-anak dengan sedikit perubahan.bagian atas baju di belah ke bawah dua bagian dari garis lekuk leher sampai ke pinggang.
untuk kerutan lebarkanlah  bagian rok itu keluar beberapa cm,kemudian di jadikan satu dengan rok bagian tengah dada baju yang mempunyai garis lipatan.
oleh karena baju ini bertindihan maka untuk pemasangan kancing,haruslah kedua bagian yang terpotong di lapisi dan di lebihi.
oleh karena pola ini tidak begitu mempunyai perubahan maka bagian dari belakang tidak di gambarkan di sini,dan pola hanya separuh dari bagian depan saja.
juga beri kerutan  yaitu bagian mukanya lihat gambar berikut ;
jalanpisang.com

menggunting
letakkan di pinggir kain yang telah terlipat dua itu,dan garislah lipatan tengah yang membujur dari atas ke bawah.
Gunting bagian sampingnya 2 helai,dan satu helai bagian belakangnya dengan meletakkan garis lipatanya di pinggir kain yang telah terlipat.
menjahit
kerut dahulu bagian atas yang terakhir ini hingga menyerupai pase,sesudah itu bagian pertama dan kedua di sambungkan.
agar kelepak itu sudah di patahkan nanti menjadi sama dengan baju seluruhnya.terlebih dahulu di lapisi dari dalam dengan kain yang sama pada bagian baju sebelah luar.
baru di sambungkan dengan rok,demikian juga bagian atas dan bawah,dari bagian belakang rok itu.
setelah itu kedua sisi baju dan garis bahu di pertemukan,untuk selanjutnya bila memberi hiasan-hiasan baju ini terserah atas kemauan sendiri asal pantas di pandang mata.
onderuk anak gadis
Cara membuatnya adalah dengan memakai pola dasar anak-anak,tapi dengan ukuran kita sendiri.
Untuk tekuk leher ,turunkan ke bawah beberapa cm dari tekuk beberapa pola dasar,sebab tekukanya lebih dalam bila di bandingkan dengan baju luar.
lingkaran lengan turun ke bawah 2 cm sedang lebar tali onderuk juga 2 cm.panjang kutang ini menurut kemauan sendiri,yaitu di ukurdari garis pinggang ke bawah.
Sedang bagian atas kutang,ini harus pula di beri pase runcing agar ia kelihatan manis,dan sepadan (lihat gambar di bawah ini ).
jalanpisang.com

mungkin anda telah mengetahui bahwa gambar ini hanyalah gambar pola bagian depan,dan tak seberapa kelainanya dengan bagian belakang,dan kecuali di dalamkan sedikit hanya tekuk leher.

menggunting
menggunting bagian pase atas yang telah di bentuk,bersama tali harus di pisahkan.
di jahit maka ia di gunting dulu dua helai dan di letakkan di pinggir kain yang berlipat dua.
Sebenarnya pola ini hanya  1/4 dari seluruhnya.menggunting pase bagian atas yang telah di bentuk bersama tali lurus di pisahkan.
menjahit
Pase bagian lainya di hubungkan dahulu lalu kedua bagian depan di pertemukan,sesudah itu kedua sampingnya.
Bentuk leher dan bagian lehernya dan bagian bawahnya beri rendah,atau kerutan -kerutan agar ondercuk yang kita buat atau jahit ini nampak manis dan cocok sekali.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel