Nabi Muhammad adalah manusia paling sehat

Bila kita mengadakan penyelidikan sejarah,baik melalui kitab-kitab Hadist yang muktabar maupun berdasarkan buku-buku,maka kita ketahui bahwa Nabi Muhammad s.a.w itu bukan saja seorang Maha pemimpin yang benar-benar telah berhasil memperbaiki 1001 kebobrokan pada zamanya,tetapi beliau pun adalah tokoh yang sungguh-sungguh telah berhasil membina dirinya sangat sehat lahir batin,jasmani dan rohani.
jalanpisang.com

Tidak seorang manusiapun dapat mengimbangi kesehatan Nabi Muhammad s.a.w meskipun banyak orang berpendapat Nabi pilihan itu tidak begitu serius memperhatikan perawatan dirinya.
Nabi pilihan itu hanya dua kali mengalami sakit,pertama,beliau pernah mengalami sakit kepala ketika kembali dari mengunjungi makam pahlawan di Baqi.boleh jadi karena kuatnya tekanan panas.kedua beliau mengalami sakit sulit tidur dan demam panas,beberapa hari sebelum wafat.
selain dari dua itu,Nabi tak pernah mengalami sakit-sakit yang lain.Tidak pernah sakit dada meskipun beliau banyak berbicara,kurang cukup mengasa di waktu malam dan sering menghadapi hal2 yang sangat menekan perasaan.tidak pernah sakit perut,meskipun beliau sering tidak bisa makan pada waktu lapar,juga tak pernah mendapat sakit saraf atau sakit darah tinggi.meskipun derita hidup beliau tanggung dan kesibukan yang Beliau hadapi luar biasa.
Berdasarkan kenyataan hanya 2x sakit selama 63 tahun,dapat di tarik kesimpulan Nabi Muhammad s.a.w adalah manusia paling sehat di dunia ini.dan andaikata di adakan suatu sayembara,mencari dan memilih manusia paling sehat sejak dari zaman Adam malik sekarang,menurut hemat saya,pastilah Nabi Muhammad itu akan terpilih sebagai juara pertama.sebab beliau benar-benar sangat sehat lahir batin,jasmani rohani,fisik dan mental.
Padahal sekitar 14 abad berselang itu,pengetahuan kedokteran boleh di kata,belum berarti apa-apa.pada zaman Rasulullah soal-soal perawatan tubuh dan seluk beluk kesehatan juga belum menjadi pembicaraan umum.
berbagai vitamine yang kini sudah sangat populer dalam dunia kita,pada waktu itu sangat asing.pada zaman itupun seolah-olah tidak ada dokter dan tabib.tidak juga ada apotik dan poliklinik.malahan Nabi Muhammad sendiri tak tidak punya dokter pribadi atau ajudan khusus yang selalu memperhatikan dan memberikan nasihat-nasihat kesehatan.

1. maka timbullah persoalan ;kenapa Nabi Muhammad s.a.w itu sangat sehat?
Bila persoalan di atas hendak di jawab secara gampang,masalahnyapun menjadi gampang,Tanya; Kenapa Nabi Muhammad sangat sehat ?' jawab : Nabi muhammad sangat sehat karena memperoleh rahmat Allah.Tanya ; kenapa beliau memperoleh  rahmat Allah jawab ; karena Beliau selalu bersyukur dan tak pernah berbuat kufur.di laksanakanya semua perintah dengan penuh kepatuhan dan di tinggalkan semua larangan karena merindukan ampunan Tuhan.
Tetapi meberikan jawaban demikian,pada zaman kita sekarang telah di anggap,tidak pada tempatnya.kedewasaan ini tiap fakta di analisa,tiap analisa di analisa lagi.sehingga terjadi seminar dan diskusi sampai di peroleh kesimpulan pasti.dan dari kesimpulan itu,kemudian orang membuat rumus,sehingga dapat di pisahkan antara pendapat berdasarkan emosi dan tinjauan berdasarkan rasio.kemudian semua yang di anggap tidak rasional lantas di tolak ke belakang.
Cara yang sesungguhnya sesuai dengan hukum logika,itu sebenarnya bersumber dari ajaran islam juga.ingatlah,wahyu pertama yang di sampaikan kepada Nabi,bukan mengenai shalat dan puasa tetapi perintah membaca iqra'!(bacalah).ummat islam di suruh membaca,supaya akalnya berkembang subur dan supaya fikiranya bertumbuh layak.supaya ia beragama dengan keyakinan dan bukan sekedar turut-turutan.
maka makin maju pengetahuan dan makin berkembang kecerdasan,akan semakin terasa nikmat beragama.dalam arti kata sejati.Tetapi bila orang tidak mau berfikir dan tidak hendak menyelidik.maka ajaran-ajaran islam itupun akan di anggapnya cuma selebar daun kelor atau tidak berbeda dari ajaran agama-agama lain.
2.Kira-kira demikian pula jawaban yang dapat di berikan oleh mereka yang tidak lebih maju
  • 'Kenapa anda memeluk islam?Karena islam agama yang baik
  • Kenapa anda katakan agama islam itu baik? sebab tidak ada buruknya
  • Kenapa Nabi Muhammad di angkat menjadi Rasul? karena Tuhan percaya padanya
  • Kenapa ummat islam mengalami kemunduran?karena mereka tak mau maju
  • Kenapa Nabi Muhammad sangat sehat?karena rahmat Allah
  • Apa arti Rahmat Allah itu? ngga usah repot-repot,bang,gue sedang mikirin beras nih!
Jawaban-jawaban yang sangat sederhana itu memang tidak ada salahnya.Tetapi generasi mudah tak usah mencontohnya.generasi mudah islam dalam zaman kebangkitan ini harus dapat memberikan penjelasan terperinci dari setiap masalah.sehingga kebenaran islam dapat di terima orang lebih mudah.Dan makin mudah orang memahamkan maka akan semakin mantap keyakinanya dalam agama yang di anut.
3.Jangan sampai generasi mudah berpendapat semua agama sama.ingatlah peringatan Tuhan dalam Al-Qur'an "Agama yang benar di sisi allah hanya islam,dan siapa yang mencari agama selain islam,maka pengabdianya tidak di terima dan ia di alam akhirat sangat merugi.
Demikianlah maka dalam tulisan ini saya coba menguraikan kenapa Nabi Muhammad s.a.w itu sangat sehat.kiranya dengan memahami sebab-sebab dan kebiasaan-kebiasaan Nabi yang mulia,semua kitapun menjadi manusia-manusia yang sehat pula.sehat lahir dan batin ,jasmani dan sehat rohani.sehingga kitapun berhak menempati posisi Khairan ummati ( Sebaik-baik ummat).
Ummat yang memperoleh kemenangan dunia dan kesenangan akhirat.Ummat teladan yang di cintai oleh kawan dan di segani lawan.Bukan ummat yang selalu sakit-sakitan ,sehingga bukan saja tidak sanggup berperang tetapi melakukan shalat tahjud sajapun tidak kuat lagi karena ....sakit pinggang!
Teringat saya ketika jmaluddin Al-afghani yang masyhur itu berpidato di hadapan sejumlah Ulama Al-Azhar,pada permulaan adab ke 20,ucapan sangat kritis dari reformer sangat berjasa itu.memang cukup alasan.Dan Jamaluddin dalam pidatonya berkata 'Jika Nabi Muhammad s.a.w mengajak bangsa Arab Jahiliyah menganut Islam.Nabi Muhammad berkata "Lihat dan contolah saya!dan bangsa Arab itu pasti terpikat sebab pada diri dan kepribadian Rasulullah semuanya terlihat baik.
Beliau paling berani dalam peperangan,Beliaupun sangat ramah dalam pergaulan,beliau paling maju dalam fikiran.Beliaupun paling sabar dalam penderitaan,dan Nabi Muhammad itu juga adalah manusia yang paling rapi dalam berpakaian,paling rajin menjaga kesehatan.sehingga sampai akhir ayatnya,tetap gagah dan tampan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel