Pengertian asma

Apakah asma itu?
Biasanya udara masuk melalui hidung dan mulut,trakea dan masuk sistem bronkus yang kompleks dan saluran yang lebih kecil.(bronkiol) yang menyerupai pohon terbalik dan di sebut bronchial tree.saluran-saluran tersebut berakhir dalam kantong-kantong udara ( alveoli) di mana oksigen masuk ke dalam darah dan karbodioksida di keluarkan.
Waktu terjadi serangan asma,udara masuk dengan pernapasan,sulit untuk masuk ke dalam bronkus oleh karena jalan tersebut menjadi sempit.penyempitan saluran napas tersebut dapat di sebaabkan oleh karena kontraksi otot dindingnya.pembekakan permukaan membaran produksi mokus berlebih atau campuran ke tiga hal tersebut.
Akibat kejadian -kejadian itu,napas jadi susah dan terjadi batuk keras,bila paruh mulai berusaha untuk membersihkan diri sering terjadi mengi.suara yang timbul bila udara di paksa melalui saluran bronkus yang sempit.
serangan demikian dapat berlangsung beberapa jam atau berhari-hari.
Apakah sebab-sebab asma
Sekarang di kenal banyak hal tentang sebab-sebab asma dan penelitian yang terus menerus menghasilkan pendapat baru.tetapi mengapa hal-hal tertentu menimbulkan asma pada sebagian orang dan tidak pada lainya.tidak di ketahui.
faktor keturunan juga mempunyai peranan penting.
asma cenderung terjadi pada penderita yang mempunyai keluarga da riwayat penyakit yang sama.juga di anggap bahwa asma berhubungan dengan sistem imun seseorang.yaitu pertahanan badan yang melindungi badan terhadap bahan-bahan di dunia luar.
Sejauh ini bentuk asma paling sering timbul ialah di sebabkan kerentanan atau reaksi alergi,terhadap bahan-bahan seperti pollen tepung sari,debu,spora jamur,serpih kulit binatang yang pada kebanyakan orang tidak menimbulkan apa-apa.
dokter mungkin ingin bekerja sama dengan anda untuk mengetahui bahan-bahan tersebut yang dapat mencetuskan serangan asma anda.
Di bawah ini terdapat daftar faktor-faktorlain yang merupakan pencetus ;
  • makanan tertentu
  • seperti susu,telur dan ikan
  • obat tertentu
  • seperti aspirin dan penicilin
  • bahan yang di pakai untuk membersihkan rumah
  • debu industri,uap dan asap
  • perubahan /udara dan cuaca
  • polusi udara
  • kegiatan jasmani
  • ketegangan /emosi dan kelelahan
  • infeksi terutama pilek,bronhitis dan tonsilitis
Bagaimana mengerti tentang asma anda
Banyak penderita asma berpendapat bahwa penyakitnya di sebabkan hal-hal yang penuh rahasia dan menimbulkan serangan tanpa faktor kesengajaan.
Sebetulnya ada pola dasar tertentu yang dapat di pelajari penderita asma untuk mengenal dan menaksir gejala pada diri sendiri.gejala yaitu hal-hal yang dapat anda,penderita kenal sebagai sesuatu yang tidak beres seperti batuk,mengi,dada rasa tertekan.
mari kita anggap bahwa asma anda di kontrol dengan baik,dan anda tidak mendapat gejala.bagaimana anda mengetahui kalau asma anda mulai tidak terkontrol lagi ?
salah satu dari hal-hal di bawah ini dapat di pakai sebagai pegangan bahwa asma anda tidak terkontrol dengan baik ;
  1. bangun di waktu malam dengan mengi atau batuk.
  2. Rasa dada tertekan,batuk dan mengi di pagi hari.
  3. Susah bagun waktu pagi oleh karena sesak
  4. Merasa memerlukan memakai inhaler lebih sering dari pada yang di anjurkan dokter anda waktu pertama kali di berikan
Semua gejala di atas dapat memberikan dugaaan bahwa asma andatidak terkontrol dengan baik dan anda memerlukan pengobatan tambahan.
Bagaimana menggunakan inhaler dengan benar.
jalanpisang.com

  1. Lepaskan penutup dari mouthpiece,lalu kocok inhaler kuat-kuat
  2. Pegang inhaler,keluarkan napas perlahan-lahan,tetapi tidak sepenuhnya dan kemudian segera.
  3. Letakkan mouthpiece dalam mulut dan rapatkan bibir anda.tariklah napas pelahan-lahan dan dalam-dalam melalui mulut,lalu tekan inhaler dengan kuat,untuk mengeluarkan obat dan terus tarik napas anda
  4. Tahan napas anda selama 11 sampai 15 detik,atau selama anda dapat,lalu keluarkan napas perlahan -lahan
  5. Bila anda memerlukan semprotan kedua,tunggu paling sedikit 2 menit sebelum mengulang langka ke 2,3,4
  6. Setelah pemakaian tutuplah kembali inhaler anda.

jalanpisang.com
ingat ;
Bila anda ingin mendapat keuntungan besar dari inhaler anda ;
  • anda memakai sesuai yang di anjurkan dokter anda
  • anda hendaknya memakai dengan betul
Tanyakan kepada dokter anda bagaimana anda mempergunakannya.bila anda merasa harus memakai inhaler lebih sering dari pada yang di anjurkan dokter,temuilah dokter anda,mungkin anda memerlukan pengobatan tambahan.
kesimpulan
Asma bronkial sudah banyak di mengerti di banding dengan waktu-waktu sebelumnya.obat baru yang efektif yang 5 sampai 10 tahun ke belakang belum di temukan,namun anda boleh mencoba resep lain yang alami,seperti perebusan bawang putih yang di campur madu dan meminum air rebusan tersebut,atau anda punya obat herbal alami yang memang cocok untuk anda.
Seperti yang kita lihat banyak yang dapat di lakukan dokter anda,dan banyak pula yang dapat anda kerjakan.bila anda mempertahankan sikap yang positif meskipun ada ketidaksenangan sekali-kali,anda dapat melihat ke depan menuju hidup yang berharga dan bermanfaat.semoga pesan ini bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan anda dalam bidang kesehatan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel