5 6 Sangat aktif menjaga kebersihan - jalanpisang.com

Sangat aktif menjaga kebersihan

Faktor kedua menyebabkan Nabi Muhammad sangat sehat lahir dan batin adalah beliau sangat aktif menjaga kebersihan.Sejak zaman anak-anak beliau mencintai kebersihan,sehingga seperti yang di ceritakan oleh Halimah As-Sa'diyah ia menjerit-jerit kemudian menagis lama,bila kain popoknya yang basah tidak segerah di ganti.tidak pula iya mau menyusu,bila ibu angkatnya itu menyusukan sebelum membersihkan susunya lebih dulu.
jalanpisang.com

Dan ketika telah di angkat Tuhan menjadi Rasul,makin kentaralah besar perhatianya kepada kebersihan itu.di ajak orang supaya beriman kemudian Beliau bersabda ; bersih adalah sebagian dari iman'.
Maka senantiasalah beliau kelihatan resik dan necis meskipun pakaian beliau tidak lebih dari dua persalinan.tidak pernah kelihatan bintik-bintik hitam atau warna kuning pada serbanya,sedangkan gamis dan seluarnya tetap putih bersih.
Dan beliau memang menyukai pakaian putih sehingga beliau bersabda ;pakailah pakaian putih,sebab dengan pakaian putih akhirnya tubuh kamu di kafani.
Tiap hari kamis atau selambatnya pagi jumat beliau mencukur rambut-rambut halus yang tumbuh pada bagian pipi.janggut beliau selalu apik.kuku beliau juga selalu di potong setiap minggu.kepada orang yang membiarkan kukunya panjang sehingga di bawah kuku itu kelihatan menghitam beliau berkata ; Jangan biarkan setan mengendap di bawah kukumu! "di pergunakan beliau istilah setan sebab kuman yang mengendap bersama kotoran di bawah kuku,sangat merusak kesehatan manusia.
Rambutnya juga yang selalu panjang,tersisir rapi dan pada waktu-waktu tertentu beliau mengolesnya dengan jenis minyak wangi.beliau bersabda ; siapa punya rambut panjang hendaklah rajin merawatnya."( Riwayat Abu Daud ).tatkala beliau wafat sesaat sebelum di mandikan,Abu Bakar Shiddiq telah mencium kening beliau dan berkata ;'Masih juga tercium bau minyak wangi yang di pakainya sebelum sakit.....
Pada suatu hari,datanglah seorang penduduk kampung menemui beliau.wajah penduduk itu kelihatan sangat kumal sedangkan rambutnya serabutan karena tidak di sisir.sebelum menerima orang itu,beliau memberikan isyarat supaya orang itu mencuci muka dan merapikan rambutnya.ketika orang itu menghadap dalam keadaan rapi Nabi tersenyum dan berkata :'Bukankah dengan cara begini kelihatan lebih baik ( riwayat Malik).
Giginya putih seperti giwang (Dan kitab AI-Barzanji melukiskan hal itu secara berlebih lebihan dalam untaian syair;Gigi putih bersih seperti giwang,membuat wajahnya makin cemerlang,bila di masyrik beliau tersenyum,sampai ke magrib gilang gemilang).
Kepada pengikutnya ia bersabda ; Gosoklah gigimu berulang-ulang,sebeb hal itu membersihkan mulut dan di sukai Tuhan.
Dan Nabi menggosok gigi bukan hanya setelah bangun tidur di waktu pagi,atau sebelum tidur waktu malam,tetapi juga setiap habis makan dan setiapa hendak lakukan shalat.bahkan lebih dari itu sehingga beliau bersabda :"Setiap Jibril datang menerimaku,maka pertanyaan pertama yang di ajukan adalah;apakah aku sudah menggosok gigi,sehingga aku pernah merasa cemas,kalau-kalau gigiku jadi rontok ( Riwayat ibnu Majah ). 
Karena rajin menggosok gigi itulah meskipun pada zaman beliau belum ada sikat gigi seperti sekarang,belum pula ada detol,pepsodent,maka gigi Nabi menjadi seputih giwang.
Syarat wudhu yang di perintahkan kepada segenap ummat islam sebelum melakukan shalat itu pada hakikatnya adalah suatu sistem ibadah yang memaksa manusia menjaga kebersihan.shalat tidak shah kalau orang tidak berwudhu,dan wudhu yang sempurna menjadi syarat mutlak bagi shahnya shalat.itu di kala berwudhu muka ,tangan kepala dan kuping kemudian telapak dan celah-celah jari.di bersihkan.sebersih bersihnya dan termasuk kepada sunat wudhu berkumur-kumur dan membersihkan kedua lobang hidung.setelah bersih,barulah orang di benarkan melakukan shalat menghadap Tuhan.
Tetapi sepasang istri telah melakukan itu,tidak hanya di perintahkan berwudhu,bahkan di wajibkan mandi junub.setelah mandi tubuh menjadi bersih,dan perasaan kembali segar.di suruh Nabi pula.Suami-istri yang melakukan itu di,jangan tidur dulu sebelum membersihkan alat vitalnya,lebih dahulu sehingga kulit halus pada bagian penting tidak sampai di hinggapi penyakit kulit.
Dan bukan saja di kala hendak shalat,kebersihan hendak di pelihara di luar shalatpun,setiap orang islam,harus memperhatikan,kebersihan diri dan rumahnya.
Di perintahkan Nabi supaya kain-kain buruk yang tidak akan berguna lagi,di bakar.berbarengan dengan itu,seluruh ruangan rumah dan pekarangan harus di bersihkan pula.Beliau bersabda,;Pada kain-kain buruk itu ada setan,maka hendaklah kamu bakar.( semua kita ketahui setan-typhus,setan kolera,setan tbc dan lain-lain.memang mudah berkembang pada kain-kain buruk dan sampah-sampah yang terdapat di dalam dan di sekitar rumah.
Pada suatu hari seorang pemuda tidak mencuci tanganya bersih-bersih sehabis makan.ia datang menemui Nabi,dan bau daging masih juga tercium,pada jari-jarinya.beliau lalu bersabda ;Siapa tidur dengan tangan berbau daging lantas mengalami suatu masalah misalnya tanganya di gigit tikus,janganlah ia mengomel kecuali kepada dirinya sendiri. ( Riwayat Albizan).
Pada hari jumat di suruhnya semua orang mandi sebelum pergi ke mesjid.beliau bersabda "Mandi pada hari jum'at adalah wajib bagi setiap orang dewasa,demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman (Riwayat Muslim).
Maka pada zaman Rasulullah itu,meskipun persediaan air masih kurang.jaranglah orang islam yang tidak mandi sebelum mengunjungi mesjid pada hari jum'at.sehingga di dalam mesjid hanya terlihat orang-orang yang berpakaian rapi,bersih wajahnya dan bersih giginya,dan harum-haruman menjadikan suasana makin menyenangkan.di negeri kita banyak juga yang memakai harum-haruman pada hari jum'at,tetapi karena bajunya tidak bersih dan badanya bau matahari atau bau keringat,maka bertempurlah bau minyak wangi dengan bau keringat.di suruhnya pula orang memberi jalan,baik jalan umum maupun jalan ke rumah sndiri.sampah-sampah tidak boleh di buang seenaknya dan tulang-tulang harus di singkirkan dari tengah jalan Nabi bersabda ;Barang siapa membuat gangguan di tengah jalan umum,ia berhak mendapat kutukan umum.
Sekali peristiwa tercium bau tidak sedap samapai ke dalam mesjid.Ketika Nabi bertanya,seorang laki-laki menerangkan bahwa ada penduduk yang mencuci daging atau cebok di tengah jalan beliau bersabda ; Orang itu akan mendapat kutukan dari Allah dan Malaikat bahkan kutukan semua ummat Islam (Riwayat Baihaqi).
Demikian Nabi berkata dan berbuat menyampaikan perintah dan mengeluarkan larangan,agar ummat Islam pandai menjaga kebersihan.sebab,kebersihan adalah pangkal kesehatan dan kesehatan merupakan faktor utama dalam perjuangan.bagaimana orang bisa bangun pagi,bagaimana orang akan bisa berjuang dan berperang kalau badanya tidak sehat?namun sabda dan nasehat Nabi,dalam kenyataan dewasa ini.nampaknya lebih banyak di ikuti oleh orang-orang lain.bukan orang-orang atau Bangsa-bangsa yang menganut Islam,tetapi mereka yang tidak mau memeluk Islam yang lebih di kenal mencintai kebersiahan,di dunia sekarang bangsa Belanda yang di kenal bersih,sehingga di Amerika ,setiap orang yang bersih,di sebut orang Belanda.mereka pula gemar memakai pakaian putih sehingga kelihatan bersih dan Necis.dan masih banyak Negara lain seperti prancis,jepang,swiss.yang penganutnya mayoritasnya bukan beragama Islam.
Rasulullah menjaga kebersihan bukan hanya ingin sehat,tetapi karena merindukan kasih Tuhan.dan Tuhan memang telah berfirman ;"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang kembali (kepada kebenaran) dan suka akan kebersihan.
Semoga kita di beri kesehatan dan selalu bersyukur atas apa yang di anjurkan Tuhan kepada kita semua sehingga kita bisa menjalankan semua perintahnya dalam keadaan sehat rohani dan jasmani.Amin 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel