5 6 Selalu bangun sebelum subuh - jalanpisang.com

Selalu bangun sebelum subuh

Faktor pertama yang menjadikan tubuh Nabi sangat sehat ialah ; Beliau selelu bangun sebelum subuh.sepanjang catatan riwayat yang di ketahui ,selama 23 tahun menjadi Rasul,bahkan terlepas dari zaman anak-anak,hanya sekali Beliau tidak terbangun sebelum subuh.

jalanpisang.com
Mungkin karna terlalu letih dalam perjalanan dan baru tidur setelah malam teramat larut,pada suatu ketika Beliau bersama sejumlah sahabat terbangun setelah matahari."tertawa".
kami merasa sangat bingung pada hari itu'kata Abu hurairah'akan mengerjakan shalat waktu subuh sudah lewat,tidak akan shalat kami belum shalat subuh.
Tetapi kebingungan para sahabat itu segera lenyap,sebab Nabi muhammad bersabda ; Di bebaskan dari ketentuan hukum tiga golongan.
  1. Anak-anak samapai cukup umur
  2. Orang tidur sampai terbagun
  3. Orang gila sampai ia sembuh
Karena masih ada para sahabat yang merasa bingung,Nabipun menegaskan 'Bila seseorang tertidur dalam waktu shalat atau ia lalai (lupa waktu).hendaklah ia melakukan shalat setelah ingat.sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah berfirman ; Hendaklah kamu mengerjakan shalat setelah (dan karena ) ingat kepadaku! (Riwayat muslim).
Setelah mendapat penegasan itu para sahabat lantas melakukan shalat subuh bersama Nabi,padahal matahari sudah meninggi.peristiwa ini hanya terjadi satu kali dan sekali-kali jangan di pakai sebagai alasan untuk melakukan shalat subuh setelah tinggi hari.
1.memang tiada alasan untuk memikul tugas kepada orang tidur dan orang lupa,apalagi kepada orang gila.tetapi mereka yang terlepas dari tugas itu adalah orang-orang yang benar-benar tertidur bukan berpura-pura tidur.
Orang-orang yang benar-benar lupa(bukan lupa di buat-buat ).dan orang yang benar-benar gila,sebab ada juga orang ketika di bangunkan oleh keluarganya di waktu subuh lantas menjawab ; Jangan aku di bangunkan,aku masih tertidur! dapatkah orang di sebut 'masih tertidur,padahal ia telah berbicara?.
Sudah shalat?ujar seorang laki-laki pada temanya.yang di tanya menjawab; Saya lupa!'dan setelah menjawab demikian ia tidak melakukan shalat dan terus juga bekerja.Ini bukan lupa,inilah yang di sebut berpura-pura Lupa..
Tetapi,jika orang benar-benar lupa atau benar-benar tertidur,bukan saja ia bebas dari tuntutan shalat,bahkan ia tidak di kenakan apa-apa.misalnya ia pun makan dan minum pada bulan puasa.dan memang pernah terjadi di zaman Nabi,Seorang laki-laki telah makan kenyang dan minum sampai puas pada siang hari bulan Ramadhan,karena benar-benar lupa.Setelah lapar dan dahaganya lenyap,ia mengadukan hal itu kepada Nabi.
'Sial aku,Rasulullah,sial aku! katanya dengan nada suara sangat menyesal,kemudian,ia menceritakan apa yang telah terjadi.Dan Nabi teryata tidak marah dan tidak mengejek dan sambil tersenyum mengatakan ; "Rupanya Tuhan sangat kasihan kepadamu 'sehingga di berinya engkau makanan di bulan Ramadhan.
Dan laki-laki itu di suruh Nabi :Meneruskan puasanya sampai sore.sebagai bukti bahwa puasa orang itu tidak batal,meskipun perutnya telah kenyang dan dahaganya telah lenyap.Tidak batal puasanya,karna ia makan tanpa sengaja dan benar-benar karna lupa.
2.Nabi Muhammad s.a.w selalu bangun sebelum subuh,dan subuh tidak sama dengan pagi.'Pagi ialah setelah matahari terbit sampai sekitar jam 8.00,sedangkan subuh adalah fajar menyingsing dan sebelum matahari terbit.
Supaya ummat Islam gemar bagun subuh,Nabi lalu bersabda ;"Bila kamu bangun subuh,maka berlipat ganda upah yang kamu terima'.
Udara subuh sangat segar dan banyak mengandung zat asam (zuurstof).maka siapa yang suka bangun subuh,selalu menghirup udara murni yang sangat di perlukan buat pernafasan.sebab itulah orang yang suka bangun subuh,sulit di hinggapi penyakit paru (tbc).
Parunya menjadi kuat karena selalu menghirup udara murni.dan pernafasanya jadi teratur karena parunya sangat kuat.di samping itu,udara subuh yang segar,itupun memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.
Pada waktu subuh,otak manusia sangat bening,dan daya tangkapnya teramat tajam.maka mereka yang suka menghapal atau belajar di waktu subuh,dapat di pastikan,Jauh lebih berhasil,dari mereka yang baru menghapal atau mengulang pelajaran setelah matahari naik meninggi.
Para ahli ilmu jiwa sangat terkenal itu pernah berkata ; 7x1 lebih baik dari 1x7 artinya orang lebih baik belajar 7x1 jam setiap hari,dari pada memborong selama 7 jam dalam 1 hari.maka silahkan anda coba.mengulang pelajaran rata-rata 1 jam setiap hari,setelah selesai shalat subuh,maka anda akan mencapai hasil yang sangat mengagumkan.!!
Bagi kaum tani,akan sangat terasa manfaat bangun subuh,sebab ia telah dapat memacul tanah yang cukup luas sbelum matahari terbit.demikian juga bagi tukang,dan lebih-lebih buat pengarang selam 2 tahun mengirim pujangga hamka saya ketahui; hamkapun lebih banyak menulis sehabis shalat subuh ia berkata ,Bila aku menulis di waktu malam.fikiran tidak kuat lagi,dan tenaga lekas capek.tetapi menulis sehabis subuh syukurku teramat tajam,dan aku tak pernah capek!.
Pada waktu subuh pula,jika kita berjalan-jalan ke luar rumah.kita menyaksikan alam yang hijau,rumput hijau dan daun-daunan hijau,buat kesehatan mata,warna hijau itu perlu sekali.Dan siapa yang suka melihat alam yang hijau sulit di hinggapi penyakit mata.pada waktu subuh dan matahari terbit,kita dapat berdoa dan doa yang di ucapkan dalam waktu demikian langsung di antarkan malaikat khadirat Tuhan.sebab itulah Nabi pernah berdoa "wahai Tuhanku,berkahilah ummatku yang suka bangun subuh.
Pada suatu pagi Nabi melihat putrinya,Fathimah binti Muhammad.masih juga tertidur padahal waktu subuh telah tiba.Nabi langsung mengoyang-goyang kaki putrinya dengan penuh kasih sayang seraya berkata ; bagunlah anakku dan saksikanlah sesungguhnya Tuhan menetapkan pembagian rezeki manusia adalah pada saat-saat setelah fajar menyingsing dan sebelum matahari terbit.
Maka kita saksikanlah pada umumnya,orang yang suka bangun subuh,bukan saja sehat badanya dan tinggi kecerdasanya,tetapi juga mudah rezekinya,dan lapang penghidupanya.
3.Pernahkah anda saksikan orang yang suka bangun subuh hidup menderita,atau selalu dalam keadaan miskin?kalaupun ada,jumlahnya pasti tidak banyak,sebab malaikat yang bertugas membagi rezeki manusia.-Mikail itu turun ke permukaan bumi setelah fajar menyingsing dan sebelum matahari terbit.dan Doa yang di ucapkan pada waktu mustajab itu lazimnya di perkenakan Tuhan!
Maka Nabi mengajak ummatnya agar selalu bangun Subuh.dan di samping bangun subuh,juga melaksanakan shalat subuh.Bagun subuh tanpa shalat subuh hanyalah kebiasaan ayam jantan;Ia berkokok membangunkan orang banyak,setelah orang terbangun,jangankan akan shalat,berwudhupun ia tidak! hehehe?....
Berapa banyak orang yang bangun subuh hanya karena hendak memburu pesawat terbang,kereta apai dan sebagainya.adapulah yang bangun subuh hanya karena merasa perutnya sakit,dan setelah kembali ke wc lantas tidur kembali.
seperti pada tiapa pekeejaan baik bangun subuh memang sukar di lakukan,sebelum terbiasa.tetapi hal itupun tiada bedanya dengan kebiasaan orang merokok.sekali merokok karna kepala pusing,dua kali merokok perut terasa mual.tetapi setelah terus merokok dan merokok lagi,mulailah terasa enaknya sehingga tak mau berhenti lagi.dan seorang pecandu rokok,rela tidak makan dan minum asal bisa merokok.jika belum terbiasa,anda cobalah memaksakan diri untuk bangun subuh sekali waktu.pada kali pertama itu,mungkin anda merasa sakit dan puyeng.tetapi coba dan coba lagi dan setelah 3 kali mencoba.anda akan keranjingan.terasa nikmat karna ada manfaatnya,dan anda tidak akan berhenti lagi bagun subuh buat selama lamanya.
4.Selama ummat Islam selalu bangun subuh.selama itulah mereka akan tumbuh menjadi ummat yang sehat lahir batin.
Merekapun berhak memenangkan perjuangan mereka di cintai kawan dan di hormati lawan.maka berdaulatlah mereka di bidang politik,berperananlah mereka pada bidang ekonomi,dan menjadi teladanlah mereka dalam pergaulan sehari-hari.dan tidak kurang dari 500 tahun lamanya ummat yang terdidik bangun subuh itu menguasai sekitar 2/3 bulatan dunia ini.bukan dari tanah abang samapi Rawabangkae,bukan pula dari sabang sampai marauke,tetapi sejak dari maroko di pantai Barat Afrika samapai ke Irian jaya di pantai utara Irian barat.
Nabi bersabda "Shalat tepat pada waktunya lebih baik dari dunia bersama seluruh isinya.Dan jika ummat islam mau bangun subuh dan mengerjakan shalat shubu,ummat islam itupun akan memperoleh keuntungan melebihi dunia dan segala isinya.keuntungan itu adalah ;badan sehat,dan fikiran yang sehat otak cerdas dan penghidupan yang lapang.
supaya selalu bangun subuh maka janganlah,kita doyan tidur di larut malam.Biasakanlah tidur cepat dan bangun cepat,maka anda akan menikmati kesehatan sangat sempurna seperti di alami Nabi Muhammad.!amin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel