5 6 Ilmu Kedokteran Pencegahan - jalanpisang.com

Ilmu Kedokteran Pencegahan

jalanpisang.com-Ilmu kedokteran modern berpendirian bahwa mencegah penyakit jauh lebih baik dari pada mengobatinya,setelah penyakit itu terjadi.Lebih 1300 tahun yang lalu Nabi Muhammad s.a.w bersabda ;"Alhimyatu ashlu dawain ( pencegahan pangkal segala macam  pengobatan atau Prevention is better than cure).
Kebenaran sabda Nabi Muhammad s.a.w tersebut tidak dapat di sangkal oleh siapapun juga
Jadi ilmu kedokteran pencegahan penting sekali,sehingga pada waktu sekarang merupakan mata kuliah sangat penting dalam kurikulum pendidikan dokter.
Di berikan mulai dari tingkat kedua sampai dengan tingkat terakhir sebagai ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kedokteran pencegahan.
Karena dengan pendidikan dokter pada waktu ini di maksudkan untuk mendidik dokter-dokter yang memandang seorang individu sebgai bagian dari keluarga dan masyarakat yang hidup dalam lingkungan yang senantiasa berubah dan yang mengandung sudut-sudut yang beranekaragam.
Sehingga dokter-dokter yang akan di hasilkan nanti,dapat melakukan pekerjaan dengan baik di bidang klinik maupun di bidang kedokteran pencegahan yang justru harus lebih di utamakan.
Sehingga dokter yang di hasilkan nanti akan senantiasa berusaha untuk mempertinggi kesehatan dengan kesadaran bahwa mencegah penyakit adalah jauh lebih besar manfaatnya dari pada mengobatinya setelah penyakit itu terjadi.
Dokter harus mempunyai pengertian dan keyakinan bahwa ia mempunyai kewajiban terhadap masalah-masalah kesehatan dan penyakit-penyakit dalam masyarakat dalam kewajibanya sebagai dokter maupun sebagai warga negara Republik Indonesia.
Definisi
  • Ilmu kedokteran pencegahan adalah pengetahuan dan kecakapan,tentang pencegahan penyakit,memperpanjang umur,dan mempertinggi kesehatan dan daya guna jasmani dan Rohani (Winslow).
  • Jadi Ilmu kedokteran modern terbagi dua,ilmu kedokteran penyembuhan(curative) dan ilmu kedokteran pencegahan (Preventive).pada zaman kolonial yang pertama saja yang di utamakan,sebaiknya pada waktu sekarang justru ilmu kedokteran pencegahanlah yang seharusnya di utamakan.Oleh karena mencegah penyakit adalah jauh lebih besar manfaatnya dari pada mengobatinya setelah penyakit itu terjadi.
Bagaimana caranya mencegah penyakit dan mempertinggi mutu kesehatan

jalanpisang.com

Kesehatan adalah suatu keadaan keseimbangan,nisbi bentuk dan Fa'al badan sebagai akibat penyesuaian,dinamis yang berhasil terhadap kekuatan-kekuatan yang mengganggunya.Kesehatan bukanlah permainan yang passive antara tubuh dan kekuatan yang menyerangnya.
Tetapi merupakan jawaban aktif kekuatan-kekuatan badan yang bekerja ke arah penyesuaian diri
Untuk melakukan usaha-usaha pencegahan orang harus mengetahui riwayat alami penyakit.Riwayat alami suatu kelainan harus kita kenal.
Dengan pengetahuan ini kita dapat mengerti ukuran kesehatan dan penyakit.Dalam riwayat alaminya segala macam penyakit mempunyai lima tingkatan perkembangan.
  •  keadaan sebelum sakit atau dalam bahasa inggris di sebut Prepathogenesis.
  • waktu masuknya kuman-kuman penyakit yang di susul masa tunas atau inkubasi.
  •  waktu permulaan penyakit atau dalam bahasa inggris di sebut early disease. 
  • penyakit yang sudah lanjut
  •  terjadi cacad atau kematian dalam bahasa inggris di sebut Disability or death 
Maka dengan sendirinya pencegahanpun ada lima tingkatan pula sesuai dengan tingkatan-tingkatan Riwayat alami penyakit.
  •  Mempertinggi mutu kesehatan atau dalam bahasa inggris di sebut health promotion
  • Memberikan perlindungan khusus atau dalam bahasa inggris di sebut specific protection
  • Pengenalan dini dan pengobatan segera (early recognition and prompt treatment)
  • Membatasi terjadinya cacad atau di sability limitation
  • Pemulihan atau rehabilitation
Tingkat pertama dan kedua di sebut pencegahan primair atau dalam bahasa inggris primary protection.Sebab benar-benar merupakan tindakan pencegahan yang sebenarnya sebelum penyakit terjadi.Tingkat ketiga merupakan tindakan pencegahan,sebab benar-benar merupakan tindakan pencegahan yang telah terlambat.
Jadi yang sebenar-benarnya pencegahan primair atau paling tidak scundair
Terhadap siapakah usaha-usaha mencegah penyakit dan mempertinggi mutu kesehatan yang ditujukan.
Dalam hal ini ingat definisi Perkins,Kesehatan adalah suatu keadaan keseimbangan.Ini terjadi sebagai akibat penyesuaian badan terhadap kekuatan yang mengganggu.Jadi terdapat dua kekuatan yang bertentangan adalah kekuatan manusia dan kekuatan penyakit.kedua kekuatan saling menyerang satu sama lain dan pergulatan ini terjadi dalam lingkungan.
Lingkungan dapat bergeser ke arah menguntungkan manusia atau sebaliknya,menguntungkan penyakit.Dengan demikian keseimbangan akan bergeser dan manusia jadi sehat atau jadi sakit.
Pergeseran dapat pula terjadi,karena perubahan perimbangan,kekuatan antara manusia dan penyebab penyakit.kalau manusia lebih kuat ia sehat,kalau penyakit lebih kuat,manusia jadi sakit.
Marilah kita tinjau dahulu kekuatan pertama adalah kekuatan manusia sendiri menghadapi penyakit.manusia di anugrahi oleh Allah kekuatan untuk membela diri terhadap penyakit berupa daya tahan.Daya tahan tubuh terhadap penyakit ada dua macam ialah daya tahan umum dan daya tahan khusus.
  • Daya tahan umum berupa kesehatan,untuk memperkuat daya tahan umum kita pertinggi kesehatan misalnya,dengan makanan yang cukup bergizi secara kwalitatif dan banyaknya pun cukup.
  • Daya tahan khusus yaitu daya terhadap penyakit tertentu dapat di proleh dengan  suntikan vaksin,misalnya,vaksinasi cacar,BCG<DTP,TCD,Chothypa,anti rabies,anti polio,anti pes dan lain sebagainya.
Kekebalan khusus ini ada 3 macam,ialah kekebalan bawaan,kekebalan yang di dapat dari infeksi,dan kekebalan yang di dapat dari infeksi dan kekebalan bikinan.
Kekebalan bawaan dapat terjadi dengan salah satu dari dua cara,dari alam dan dari ibu.Untuk yang pertama dapat kita kemukakan beberapa contoh misalnya orang yang kebal terhadap penyakit hewan dan untuk yang kedua misalnya kekebalan bayi sementara terhadap cacar.

Kekebalan kedua adalah yang di dapat dari Infeksi misalnya orang menderita cacar kebal terhadap cacar.Juga orang yang menderita campak kebal terhadap campak,begitu pula orang yang pernah menderita batuk rejang.Kita juga mengetahui bahwa anak yang telah pernah menderita penyakit diptheria kebal terhadap diptheria,demikian pula anak yang menderita typhus.

Macam ketiga dari kekebalan ialah kekebalan bikinan ini di buat dengan bahan2 labolatorium
Sebagai contoh dapat kita kemukakan vaksinasi Cacar,BCG<DTP,TCD dan sebagainya.kesemua ini adalah kekebalan aktif karena di masuki kuman yang telah di lemahkan.
Reaksi beberapa kekebalan terhadap kuman tersebut sehingga badan mampu menghadapinya,ada lagi kekebalan pasive ialah yang di dapat dari suntikan serum binatang yang sudah kebal.misalnya suntikan anti tetanus seru biasa di buat dari serum kuda yang telah di kebalkan.
Caranya ialah dengan menyuntikkan kuda tersebut dengan kuman tetanus yang telah di lemahkan,sehingga kuda tersebut membentuk bahan kekebalan terhadap tetanus di dalam darahnya
Dengan menyuntikkan kuman tetanus yang agak kuat kini kuda tersebut dapat tahan,bahkan membentuk zat kekebalan yang lebih kuat yang dapat kita manfaatkan.
Kekuatan kedua dalam pergulatan ialah penyebab penyakit yang hidup sebagi parasit.Orang yang ketempatan parasit ini disebut pejamu atau dalam bahasa inggris di sebut host.
Banyak sekali macam-macam penyebab penyakit pada manusia,baik berupa kuman maupun lainya.
Yang berupa kuman misalnya Bacteria,virus,Rickettsia,Protozoa,spirochaeta,Cacing-cacing,kutu-kutu dan lain sebagainya.Yang berupa kekuarangan makanan dapat terjadi beri-beri,busung lapar,buta senja dan lainya.yang berupa bahan kimia berupa gas-gas,racun-racu,insektisida,bahan-bahan yang dapat mengakibatkan kanker,cat-cat dan lain sebagainya.
Yang berupa physical agent berupa suhu,kelembaban,tekanan tinggi atau rendah,radiasi kebisingan,kecelakaan listrik dan lain sebagainya.
Terhadap penyebab penyakit harus kita lakukan pembasmian dengan tidak memberi kesempatan hidup,termasuk di sini membunuh hewan-hewan yang membawa kuman-kuman seperti lalat,nyamuk ,tikus dan lain-lain.
  • Nyamuk dapat memindahkan penyakit malaria,demam berdarah,demam kuning,cacing filaria,radang otak.
  • Lalat dapat memindahkan penyakit Thypus,cholera,dysentria,paratyphus,tuberculosis
  • Tikus dapat memindahkan penyakit pest,leptospirosis,demam gigitan tikus
Untuk memusnahkan kuman-kuman tersebut dapat kita pergunakan obat-obatan antibiotik dan chemotherapeutika,dan untuk memusnakan binatang2 yang membawahnya dapat kita pergunakan insektisida.

Lingkungan dapat kita bagi menjadi empat golongan adalah Lingkungan hayati,jasmani,sosial dan ekonomi.yang termasuk lingkungan hayati adalah semua bentuk kehidupan dapat di bagi menjadi tumbuh-tumbuhan dan binatang.lingkungan hayati hidup inidi sebut juga lingkungan organis karena sifat hidupnya.
Yang termasuk lingkungan jasmani adalah semua benda2 anorganis seperti sinar,suhu(temperatur),udara,air,debu,iklim,musim,bumi,kulit bumi.oleh karena itu maka lingkungan ini juga di sebut lingkungan anorganis,sebab sifatnya tidak hidup.Sifat lingkungan ini keras dan tidak membeda-bedakan terhadap semua makhluhk yang hidup.Lingkungan jasmani manusia ini mempunyai pengaruh nyata terjadinya penyakit.
Termasuk dalam lingkungan sosial adalah semua bentuk hubungan antar manusia (human relatioship) dengan segala macam lembaga sosialnya.termasuk dalam lingkungan ekonomi ialah semua hal yang ada hubunganya dengan segi-segi perekonomian,baik perseorangan maupun ekonomi sosial.
Makin rendah sosial ekonomi makin tinggi angka pengaruh penyakit di masyarakat.sebaliknya penyakit-penyakit terutama yang menahu merupakan faktor penting dalam menyebabkan merosotnya sosial ekonomi rakyat,tidak sulit mendapatkan bukti bahwa ada hubungan yang erat antara penyakit dan penghasilan.Demikian pula terdapat bukti hubungan erat antara kematian bayi dan kemiskinan.
Ada hubungan timbal balik antara penghasilan dan kejadian banyak penyakit dan kematian.Selanjutnya sifat-sifat sosial masyarakat banyak sekali pengaruhnya terhadap kesehatan,misalnya takhayul di masyarakat,kehidupan yang jorok,banyaknya pengangguran,dan lain sebagainya.
Kita harus mempengaruhi lingkungan sedemikian rupa sehingga memberi keuntungan sebesar-besarnya kepada manusia dan kerugian sebesar-besarnya kepada penyakit.Terhadap lingkungan hayati ( biological environment) kita harus mempengaruhi sedemikian rupa sehingga kuman-kuman tidak berdaya untuk membinasakan manusia.misalnya,dengan membinasakan binatang-binatang penyebeb penyakit.
Air minum juga harus mendapat perhatian yang cukup karena banyak wabah yang menjalar dengan prantara air minum (water bornediseases).pakaian rakyat harus pula di cukupi.
Selanjutnya jalan-jalan juga harus di perbaiki,sehingga tidak penuh debu waktu panas dan penuh lumpur waktu hujan.pengotoran udara harus di kurangi sampai seminimal mungkin dengan berbagi jalan,misalnya dengan penghijauan,ialah menanam pohon-pohon besar yang dapat menyerap pengotoran.juga dengan mendirikan pabrik sejauh mungkin dari kediaman penduduk dan memperhatikan pula letaknya,semoga hal seperti ini sesuai dengan rancangan  Presiden Jokowi tentang pemindahan ibu kota,Jakarta ke Kalimantan yang katanya sudah di rancang dengan baik.
Jangan sampai letaknya sedemikian asapnya di tiup angin ke tempat penduduk,juga cerobong yang harus setinggi mungkin sehingga asap yang di keluarkanya tidak mengotori.Dan tindakan-tindakan lain terhadap lingkungan seperti pembuangan sampah di tempatnya,pembuangan air kotor jangan sembarangan,perbaikan saluran air bersih dan lain sebaginya.

Terhadap lingkungan sosial juga kita harus mengadakan,perbaikan,sehingga masyarakat kita sungguh-sungguh menjadi masyarakat yang sehat dan teratur.takhayul harus kita berantas sampai ke akar-akarnya dengan jalan pendidikan kesehatan
Kita harus menyebar luasakan pendidikan kesehatan,pelayanan kesehatan masyarakat ke seluruh pelosok tanah air,hingga dapat terjangkau,oleh seluruh masyarakat yang benar-benar memerlukan kesehatan.kita harus mengadakan penyuluhan seluas-luasnya mengenai gizi yang sehat sehingga rakyat dapat mengetahui makanan-makanan mana yang murah tetapi bergizi tinggi.
Negara juga harus memperbaiki ekonomi rakyat,karena kalau ekonomi bobrok kesehatan bobrok pula.Rakyat harus dapat memperoleh bahan makanan yang mengandung gizi yang cukup tinggi.
Keadaan sekarang masih jauh dari yang kita harapkan,karena ekonomi kita belum baik,kita lihat di beberapa daerah negara kita,rakyat masih banyak yang kekurangan makanan,sehingga terjadinya busung lapar.ini di sebabkan oleh karena mereka kekurangan zat putih telur dalam makananya
Hanya dengan kehidupan ekonomi yang baik sajalah rakyat dapat hidup sehat.Oleh karena makanan yang sehat,perumahan yang sehat ,kehidupan rohani yang sehat dan lain-lain,kesemuanya dapat di capai dengan ekonomi rakyat yang benar-benar baik dan mantap,,dan selalu adil dan makmur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel