Ilmu Kesehatan Masyarakat

jalanpisang.com- Tidak dapat di sangkal bahwa kesehatan masyarakat adalah soal nasional dan Internasional atau Dunia yang amat penting.Sesuai dengan semboyan yang banyak kita dengar " Rakyat sehat negara kuat "Karena apa gunanya perlengkapan militer yang kuat apabilah rakyat merosot kesehtanya
Tentu saja negara yang semacam ini akan runtuh dengan sendirinya,tanpa serangan.Sebab  kesehatan rakyat merupakan faktor mutlak bagi kekuatan suatu bangsa atau suatu Negara,Terutama di negara kita tercinta ini INDONESIA.
Tanpa kesehatan,rakyat tidak dapat berbuat apa-apa,tanpa kesehatan,pembangunan akan lumpuh.jadi tidak dapat di sangkal lagi bahwa kesehatan rakyat merupakan faktor yang menentukan.
Di indonesia keadaan kesehatan masyarakat masih jauh dari pada apa yang di sebut memuaskan.walaupun sekarang banyak ASURANSI KESEHATAN,namun tetap saja masyarakat masih banyak yang kurang tau tentang kesehatan.terlebih yang sekarang yang di rancang pemerintah yaitu Bpjs kesehatan yang memakai sistem saling membantu.
Sehingga tugas ilmu kesehatan masyarakat di tanah air kita ini sangatlah penting.karena pokok-pokok ilmu kesehatan masyarakat masih belum terpenuhi di negara kita tercinta ini.Oleh sebab itu ilmu masyarakat dan ilmu kedokteran pencegahan,di jadikan mata kuliah pokok,bahkan kini ada fakultas tersendiri ialah fakultas kesehatan masyarakat.
jalanpisang.com

Faktor -faktor pokok dalam memelihara kesehatan masyarakat di indonesia masih belum baik
Misalnya keadaan makanan rakyat Indonesia rata-rata masih rendah nilainya,padahal makanan penting dalam memelihara kesehatan.
Di berbagai daerah di tanah air kita ini misalnya masih selalu kita dengar adanya busung lapar.
Juga syarat-syarat lain untuk hidup sehat banyak yang belum terpenuhi misalnya mengenai perumahan.Perumahan sebagian besar rakyat kita masih belum memenuhi syarat2 kesehatan minimal.Ini dapat kita saksikan sendiri di kampung-kampung dan daerah-daerah pinggiran kota besar seperti Jakarta.
Rumah sempit,berdiri di atas tanah becek,di diami berpuluh-puluh penduduk,berjejal-jejal penuh,sampai-sampai ada yang hampir menutupi aliran sungai.Oleh karena itu kita tidak perlu heran melihat Klinik-klinik dan beberapa Rumah sakit selalu penuh.
Banyaknya rakyat yang sakit selalu jauh melebihi kapasitas klinik dan Rumah sakit umum pada umumnya.amanat penderita rakyat di bidang kesehatan ini mencapai puncaknya dengan mahalnya obat.Semuanya ini mengakibatkan penyakit-penyakit merajalelah di masyarakat kita dan dengan seenaknya menyerang dan membunuh rakyat kita.
Kesemuanya ini benar-benar membuat kita prihatin,apalagi kalau melihat bahwa anggaran belanja kesehatan yang kecil sekali.sehingga sulit untuk mencegah masyarakat dari serangan penyakit.
Belum lagi para pejabat yang sebenarnya memperjuangkan kesehatan untuk rakyat,malah melakukan korupsi dengan menyala gunakan dana peralatan kesehatan.
Definisi
Ilmu kesehatan masyarakat ialah pengetahuan dan kecakapan tentang pencegahan penyakit,memperpenjang umur,dan mempertinggi daya guna jasmani dan rohani melalui usaha-usaha bersama yang tersusun,untuk kesehatan lingkungan,pemberantasan penyakit menular,pendidikan mengenai pokok-pokok ilmu kesehatan,organisasi tenaga perawat dan pengobatan untuk pengenalan penyakit sedini mungkin,dan pengobatan setepat-tepatnya,dan memajukan usaha kesejatrahan yang akan memberikan kepada tiap-tiap orang dalam masyarakat taraf hidup yang cukup untuk memelihara kesehatanya ( winslow).
Melihat definisinya,maka Ilmu kesehatan masyarakat adalah tidak lain dari pada ilmu kedokteran pencegahan yang di jalankan dengan ikut sertanya masyarakat.
Ilmu kedokteran pencegahan ialah pengetahuan dan percakapan tentang pencegahan penyakit,memperpanjang umur dan memperluas daya guna jasmani dan rohani.
Preventive medicine is the science and art of preventing di sease,prologing life,and promoting physical and mental health and efficiency.Public health is science and the art of preventing disease,prolonging life ,and promoting physical and mental health and efficiency trough organized community efforts for the sanitation of the environment,the control of community in infections.
The education of the individual in principles of personal hygiene,the organization of medical and nursing service for the early diagnosis and pereventive treatment of disease and the development of the social machinery which will ensure to every individual in the comunity a standart of living adequate for the maintenance of health.
Menurut  organisasi kesehatan WHO kesehatan adalah keadaan sejahtera sempurna baik jasmani,rohani maupun sosial dan tidak hanya tanpa penyakit dan kelemahan saja.
Jadi yang di sebut sehat menurut World Health Organization harus benar-benar sehat badan,jiwa,dan kehidupanya.Orang yang sehat badanya tetapi tinggal di penjara tidak dapat di sebut sehat.
Oleh karena orang ini meskipun badanya sehat tetapi jiwanya sakit,atau moralnya sakit.
Demikian pula orang yang badanya sehat tetapi tinggal di bawah jembatan karena tidak punya rumah,karena orang ini meskipun badanya sehat,jiwanya sehat,akan tetapi sosialnya sakit.
Sebenarnya konsep yang demikian mengenai ilmu kesehatan masyarakat ( kesehatan ) telah di ajukan sejak lama oleh islam.segala peraturan islam mengandung unsur-unsur untuk kesehatan rohani,jasmani dan sosial.
Ambil saja contoh misalnya mengenai ibadah puasa,ini mengandung hikmah yang besar untuk kesehatan,yang sekarang terbukti di ilmu kesehatan.kalau berpuasa dapat mengotrol kesehatan pada tubuh kita,baik kesehatan jasmani,rohani,maupun sosial,dapat kita capai dengan menjalankan puasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel