Makanan dan Kesehatan Masyarakat

jalanpisang.com-Makanan yang cukup baik kawntitatif dan kwalitatif merupakan syarat mutlak untuk hidup sehat.Kekuranngan makanan baik kwantitatif maupun kwalitatif mengakibatkan berbagai ngangguan kesehatan.Baik kesehatan jasmani,rohani ataupun sosial terganggu akibat kekurangan makanan.

jalanpisang.com
Penyakit kekuarangan makanan yang amat terkenal di indonesia antara lain ialah busung lapar.Penyakit ini di sebabkan oleh karena kekurangan makanan akan zat putih telur.karena kemiskinan rakyat di daerah-daerah tertentu tidak mampu membeli makanan yang cukup protein.
Karena adanya kekuarangan zat putih telur,juga perkembangan jasmani juga terganggu.Hal ini dapat kita lihat pada negara-negara yang kekurangan zat putih telur dan kita bandingkan dengan negara-negara yang cukup protein dalam makananya lebih tinggi dan lebih besar badanya,serta lebih panjang umurnya.
Juga kerena kekurangan zat putih telur perkembangan pikiran ( mental) juga terganggu.Orang atau Bangsa yang kekurangan zat putih telur dalam makananya umunya lamban,juga telah di buktikan bahwa makanan mempengaruhi angka kecerdasan orang( Intelligence quotient ).
Manusia-manusia yang cerdas lebih banyak terdapat pada golongan yang cukup makananya baik kwantitatif maupun kwalitatif.
Kekurangan makanan atau gizi yang buruk pada masa kehamilan,masa bayi,dan masa sekolah akan mengakibatkan terganggunya pertumbuhan jaringan otak yang mempunyai akibat negatif.
Selanjutnya juga kekurangan makanan dapat mengakibatkan,ngangguan sosial yang serius,seperti pencurian,peperangan ,pemberontakan,pengacauan,pembunuhan,korupsi dan lain-lain
Beberapa Penyakit yang di sebabkan Kekurangan Makanan
Selain busung lapar yang banyak kita jumpai di indonesia,banyak lagi penyakit lainya yang di sebabkan oleh kekurangan makanan.Menurut survei beberapa tahun yang lalu banyak anak-anak indonesia yang menderita kwashiorkor.
Kwashiorkor adalah penyakit kekurangan atau kesalahan makanan yang sangat berat (Malignant Malnutrition ).Penyakit lain yang di sebabkan kekurangan makanan antara lain adalah penyakit kekurangan darah.
Penyakit kekurangan darah ini( anemia) banyak sekali terdapat di kalangan rakyat,sehingga dalam keadaan sehatpun jarang sekali bangsa indoneisa mencapai kadar merah darah 100%.Kalau orang Indonesia dapat mencapai kadar darah merah antara 70% sampai 90% saja sudah boleh di katakan baik.Sebab penyakit ini adalah kekurangan zat besi dan zat putih.
Kalau kita lihat status-status di bagian kebidanan rumah sakit misalnya,kita lihat banyak sekali ibu-ibu yang kekurangan darah,ini di sebabkan oleh karena ibu yang dalam keadaan tidak hamil saja darahnya bisa pas bisa kurang.kini harus memberi sebagian untuk anaknya.
Selanjutnya terkenal pula penyakit beri-beri yang di sebabkan oleh kekurangan vitamin B1.
Pernah banyak sekali penyakit ini menghinggapi banyak sekali mahasiswa,yang ini di sebabkan makanan mereka di asrama atau in de kost kurang cukup vitamin B1.penyakit yang di sebut pellagra di sebabkan karena kekurangan pellagra preventif factor.penyakit-penyakit ini banyak terdapat di daerah-daerah dengan makanan pokok jagung,karena jagung kurang protein di bandingkan beras.
Kurang Vitamin A kita dapat penyakit buta senja,kalau lama kurang VitaminA kita bisa buta.kekurangan Vitamin C kita dapat penyakit gusi,mudah berdarah dan kurang Vitamin D kita dapat penyakit inggris (rachitis) di mana tulang2 rapuh.
jalanpisang.com


Secara tidak langsung,kekurangan makanan dapat menyebabkan berbagai penyakit lain,misalnya banyaknya penderita dan kematian karena TBC,meningkat,karena sosial ekonomi yang Buruk.
banyak sekali penyakit-penyakit menular yang meluas menjadi wabah pada saat kekurangan2 makanan.
Karena kekurangan makanan juga,orang mudah terkena penyakit,seperti kanker,terutama kaker hati,banyak terdapat pada orang2 yang kurang makan.Misalnya dia berada di daerah yang terpencil atau di daerah pegunungan yang cukup sulit untuk di jangkau.Di beberapa daerah yag seperti ini banyak kita jumpai penyakit yang busung lapar,hepatitis,mata buta,juga beberapa daerah yang masih kekurangan makanan pokok.
Sifat bahan makanan yang kurang baik dapat menyebabkan,penyakit seperti penyakit hati,karena kekurangan zat putih telur,orang dapat menderita penyakit hati yang di sebut cirrhosis hepatis.
Secara tidak langsung,penyakit ini dapat di sebabkan oleh hal lain misalnya minuman keras( Alkohol),rokok,dan masih banyak lagi penyakit yang di sebabkan,oleh kekurangan makanan (undernutrition) dan kesalahan makanan ( malnutrition) baik secara langsung maupun tidak langsung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel