Makanan Yang di perlukan untuk Memelihara Kesehatan

jalanpisang.com-Untuk memelihara kesehatan orang harus mendapat makanan cukup banyak dan bergizi.Pertama makanan di perlukan dalam pristiwa penggantian bagian2 tubuh yang sudah rusak.
Dalam penghidupan kita, selalu terjadi kerusakan dan penggantian bagian2 tubuh kita.Selanjutnya makanan di perlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan ( growth and development).
Manusia selalu tumbuh jasmani dan rohaninya,waktu pertumbuhan jasmani berhenti,pertumbuhan rohani masih berlangsung.
Lebih lanjut makanan yang di perlukan untuk semua susunan,alat-alat dan untuk memenuhi keperluan tenaga.Untuk mencapai keadaan yang sehat dan optimal,setiap orang memerlukan makanan yang bergizi dan kalori dalam jumlah tertentu.
Kecuali fungsi2 jasmani,kesehatan rohani dan sosialpun,memerlukan makanan yang baik pula.karena makanan yang kurang cukup untuk anak2 dapat menjadi bodoh dan nakal (I Q rendah) .
Ketidaktenangan dan kekacauan masyarakat banyak terdapat pada Bangsa yang sosial ekonominya yang bobrok dan mengalami kesulitan bahan makanan.
Ada pengaruh keadaan gizi,kurang pada masa dini,terhadap beberapa aspek aktivitas dan fungsi otak.keadaan gizi kurang pada masa dini menyebabkan angka kecerdasan yang rendah.
Karena kemajuan2 penting ilmu kimia dan gizi kita dapat tahu bahan makanan yang di perlukan manusia,Komponen-komponen penting bahan makanan telah di kenal dan masih terus di lakukan penyelidikan.
Khasiat bahan-bahan makanan telah di kenal pula dengan sebaik-baiknya,dan dengan pengetahuan produksi pangan di permudah.akan tetapi sayang sekali bahwa,tidak di seluruh dunia,sama dalam kemajuan teknologi.
Di beberapa daerah produksi bahan makanan tetap tidak dapat mencukupi keperluan rakyat,termasuk di Indonesia produksi bahan makanan belum dapat mencukupi,sehingga dari tahun ke tahun kita selalu selalu saja mengimport beras.
Di bumi Indonesia ini,di mana di katakan,tongkatpun akan tumbuh apabilah di tancapkan ke tanah,hal ini sangat memalukan.
Sumber-sumber Tenaga
jalanpisang.com

Makanan harus dapat memenuhi keperluan badan akan tenaga untuk pertukaran zat dasar,aksi dinamis khusus,dan aktivitas jasmani.Pertukaran zat dasar adalah tenaga yang di keluarkan saat istirahat,aksi dinamis khusus adalah tenaga yang di keluarkan untuk pencernaan.
tenaga-tenaga yang di keluarkan pada kegiatan jasmani,tergantung pada banyaknya kerja tersebut.
Makanan yag menjadi sumber tenaga adalah,zat gula,zat putih telur dan lemak.tenaga ini di peroleh kalau bahan-bahan tersebut di pecah-pecah menjadi bagian yang lebih sederhana.
Tenaga yang di hasilkan  di ukur dalam jumlah calories yang di hasilkan tiap gram.Zat tepung dan zat putih telur mengandung kurang lebih 4 calories tiap gram,lemak 9 calories tiap gram.50% sampai 70% dari keperluan kalori,haruslah berasal dari hidrat arang ( carbohydrat).
Zat gula atau zat tepung ini,merupakan sumber tenaga yang penting,karena cepat dapat di ambil.Hidrat arang terdapat dalam bahan makanan yang terbuat dari padi-padian ,umbi-umbian,sagu dan gula.Padi-padian misalnya,beras,jagung,gandum,dan makanan yang terbuat dari padi-padian seperti roti dan lain sebaginya.
Umbi-umbian misalnya ubi,singkong,kentang ,gandum,garut,gaplek,dan lain sebagainya.
Sayur-sayuranpun banyak pula yang mengandung karbohidrat misalnya kacang,buncis,kedelai,kecipir,kerang dan lain sebagainya.dan buah-buah segarpun banyak pula yang mengandung zat gula,seperti anggur,appel,pepaya,pisang,limau manis,mangga,jambu dan lain sebagainya.
Zat putih telur mengandung tenaga sama besarnya dengan zat tepung,tetapi lebih penting untuk pertumbuhan.kalau kekurangan zat putih telur maka jaringan-jaringan badan akan mengalami kerusakan.zat putih telur dari berbagai bahan makanan,tidak sama nilai gizi yang di kandungnya.
Umumnya zat putih telur yang berasal dari hewan yang di pandang bernilai tinggi,sebaliknya zat putih telur yang berasal dari tumbuh-tumbuhan adalah tidak sempurna dan rendah nilainya.keperluan badan akan zat putih telur paling besar dalam masa pertumbuhan dan perkembangan.
Protein hewani,nilainya lebih tinggi terdapat dalam bahan-bahan makanan berasal hewan.misalnya daging ayam,ikan,telur,susu,keju,udang,kepiting,cumi-cumi,belut,kerang dan lain sebagainya.
Protein berasal dari tumbuh2an di namakan protein nabati misalnya kacang-kacangan dan hasil dari kacang-kacangan seperti tahu tempe,oncom,tauco,bungkil kacang dan lain sebagainya.
Zat lemak menjadi sumber tenaga terpenting pula,karena mengandung tenaga dua kali lipat.Di samping itu lemak mempunyai fungsi lain dalam makanan kita antara lain,memberi rasa yang enak da kepuasan.selain itu banyak vitamin-vitamin yang larut dalam lemak antara lain vitamin A,D,E dan K.
Di samping itu kekurangan lemak dalam makanan dapat menimbulkan penyakit-penyakit kulit,makanan yang mengandung lemak terutama penting di daerah-daerah dingin karena lemak banyak mengandung tenaga yang dapat di ubah menjadi panas.
Lemak terutama terdapat dalam bahan makanan yang berasal dari hewan,misalnya lemak pada daging,minyak ikan ,mentega,keju,susu,minyak samin,kaldu,dan lain-lain.beberapa buah dan sayur-sayuran mengandung lemak dalam jumlah yang tidak banyak.Di antara lemak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan misalnya miyak kelapa,santan,minyak yang di dapat dari kacang tanah,kedelai jagung,biji bunga matahari,biji kapas dan lain2.margarine dari minyak kelapa sawit juga banyak sekali mengandung lemak.
Vitamin-vitamin
Pengetahuan tentang vitamin berkembang dengan pesat,sehingga kita berpendapat,bahwa vitamin tidak hanya pertahanan terhadap penyakit.Klasifikasi vitamin pun telah berubah di mana dulu di klarifikasikan menurut alfabet,sekarang menurut susunan kimianya.vitamin-vitamin tidak di pergunakan untuk mendapatkan tenaga oleh badan,tetapi di perlukan dalam reaksi-reaksi pertukaran khusus dalam badan.
Fungsi Vitamin ini sangat kompleks antara lain
Dalam metaboloisme makanan,pembentukan dan pengaktifan enzim-enzim dan hormon-hormon pembentukan daya tahan badan ( antybody),pelepasan tenaga dari sel,hubunganya satu sama lain.
Vitamin mutlak di perlukan oleh tubuh,tetapi dalam jumlah yang kecil sekali,setiap vitamin ini mempunyai fungsi-fungsinya yang tidak dapat di gantikan oleh yang lain.
Kekurangan Vitamin-vitamin mengakibatkan berbagai penyakit dan abnormalitas seperti beri-beri dan lain sebagianya.Vitamin dapat di bedakan dalam dua macam yaitu vitamin yang larut dalam air dan lemak.Vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B complex dan vitamin C,sedangkan yang larut dalam lemak adalah vitamin A,D,E dan K.akan kita bahas satu persatu mengenai vitamin-vitamin tersebut,sumber-sumber dan perananya.akan kita mulai dahulu dengan vitamin yang larut dalam air kemudian vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin B complex merupakan kumpulan vitamin ( 10 Vitamin) yang terdapat dalam makanan.
Vitamin-Vitamin yang terpenting dari vitamin B complex ini adalah thiamin,niacin,riboflavin, dan B12,vitamin2 lainya dalam B complex adalah asam pantothenic pyridoxin (B6),asam folik,biotin.dan lain sebagainya.vitamin B1 atau thiamin memegang peranan dalam pertumbuhan,menambah nafsu makan,menyempurnakan pencernaan,dan penggunaan hidrat arang.kekurangan vitamin B1 pada permulaan akan menyebabkan kurang nafsu makan,susah buang air besar,rasa lemah,dan sulit tidur.
Bila kekurangan vitamin B1 ini berat, akan mengakibatkan beri-beri yang banyak terdapat pada negara-negara yang penduduknya menggunakan beras giling sempurna.
Sumber vitamin B1 ialah beras tumbuk,kacang kering,seperti kacang hijau,kacang tanah,tempe,hati telur,ikan susu,dan sayuran hijau.
Vitamin B2 atau riboflavin memegang peranan dalam pertumbuhan dan pernafasan sel.kekurangan vitamin B2 menyebabkan pertumbuhan terganggu,rasa lemah dan ngangguan pencernaan,penyakit kulit tertentu,dan kesehatan umum terganggu.juga radang bibir dan sudut mulut,selaput bening mata mengalami vaskularisasi dan lain sebagainya.
Sumber vitamin B2 adalah hati,susu,kacang-kacangan,sayuran,beras tumbuk,telur,mentega dan lain sebagainya.Niancin memegang peranan dalam pemeliharaan kesehatan jaringan tubuh kita.kekurangan niacin yang berat akan menyebabkan penyakit,pellagra yang berarti kulit kasar.
Fungsi saluran pencernaan menjadi terganggu dan nafsu makan tidak ada,berak-berak dan penumpulan fikiran.penyakit ini banyak di dapat di daerah yang menggunakan jagung sebagai makan pokok.Niacin biasanya terdapat bersama dengan vitamin B1 dan riboflavin dalam bahan makanan misalnya hati,daging,beras tumbuk,kacang-kacangan,tempe ,tauco,peuyeum dan makanan2 yang lain yang beragi.Componentlain dari vitamin B complex misalnya adalah vitamin B6 atau pyridoxin,pyridoxal atau pyridoxamin,asam pantothen,folacin dan lain sebaginya.
Termasuk terpenting dari component vitamin B complex adalah vitamin B12 memgang peranan penting dalam pembentukan butir-butir darah merah dan pertumbuhan.
kekurangan vitamin B12 menyebabkan pucat,kurang darah dan pertumbuhan lambat.sumber vitamin B12 yang terpenting adalah hati daging,ikan ,kerang,dan susu.
Component Vitamin B complex yang belum di ketahui benar perananya adalah biotin.Biotin ini adalah drivat urea siklis,terdapat banyak dalam ragi dan hati.tanda-tanda kekuranganya yang spontan tidak di kenal.Sedangkan vitamin B6 dan asam folik sudah di ketahui perananya adalah untuk pertumbuhan zat anti kekebalan.
Vitamin C merupakan unsur penting dalam zat interacel lulair,yang menyebabkan sel-sel melekat satu sama lain.seperti yang terdapat pada jaringan fibrosa tulang,dentin gigi,lapisan tulang,tulang rawan dan dinding pembulu darah.dan demikianlah dapat di terangkan gejala-gejala pendarahan gusi nyeri sendi atau sakit pada tulang jika di tekan,kalau kita kekurangan vitamin C
selain itu Vitamin c membantu pula dalam mengaborsi zat besi,serta memungkinkan setiap sel dalam badan untuk menggunakan asam folik.
Vitamin C mempertinggi pula daya tahan tubuh terhadap berbagi penyakit infeksi.vitamin C juga berfungsi pula dalam metabolisme asam amino,tyrosin,dan phenylalanin.Vitamin C juga terdapat dalam bahan sayuran yang berwarna hijau,buah-buahaan seperti jeruk,tomat,pepaya dan lain sebagainya.Vitamin C di sebut juga anti scorbutisch vitamin atau asam ascorbine atau asam hexuron.
Pembicaraan mengenai vitamin yang larut di dalam lemak kita mulai dengan vitamin A.
Vitamin A berperan dalam mempertahankan elastisiteit,dan kelembaban membrana mocosa,vitaminA di perlukan dalam pertumbuhan tulang, dan turut dalam pembentukan hormon adrenal.
Kekurangan vitamin A menyebabkan defisiensi pigmen retina yang terdiri dari protein yang terikat pada vitamin A.sehingga mengakibatkan buta dini ( selaput mata mengalami kerantinasasi).vitamin A terdapat dalam bentuk vitamin A dan karotin ( provitamin A).
Vitamin A terdapat dalam bahan makanan lemak dari hewan,susu,keju,mentega,juga terdapat dalam minyak ikan,hati,kuning telur,ikan laut,ikan air tawar,dan lain sebaginya.
Karotin terdapat dalam sayuran hijau dan kuning seperti wortel,bayam ,kangkung,daun singkong,buah-buahaan berwarna kuning seperti mangga,pepaya,nangka dan lain sebagainya.
Vitamin D berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi sehingga jelaslah bahwa kekurangan vitamin D dapat di peroleh dari radiasi sinar matahari atau sinar ultra violet pada lemak-lemak di bawah kulit.selain itu vitamin D di dapatkan pada ikan,minyak ikan,susu,keju,mentega,kuning telur,lemak-lemak hewan.
Vitamin E di namakan juga vitamin anti kemandulan yang di buktikan pada binatang percobaan.vitamin E terdapat dalam minyak gandum,minyak jagung,serta lain minyak tumbuh-tumbuhan.juga dalam berbagi bahan makanan lain seperti beras tumbuk,sayuran hijau,lemak daging,telur dan susu.
Vitamin K di perlukan dalam proses pembekuan darah,vitamin ini banyak sekali terdapat dalam sayuran daun berwarna hijau,kekurangan vitamin K pada manusia jarang di temukan,oleh karena  vitamin ini juga dapat di bentuk dalam usus halus oleh bakteri-bakteri.
Mineral Garam dan Unsur lain
Mineral di perlukan tubuh sebagai zat pembangun dan pelindung memelihara susunan dan fungsi alat-alat badan dalam makanan yang kita makan sehari-hari.
Mineral ini jumlahnya sangat banyak yaitu berupa calcium ( kapur) magnesium,potassium,sodium,phosphor,sulfur,chlorin,ferrum besi dan yodium,serta percikan element-element lain juga seperti fluoride,seng,mangan,copper,cobalt,silicon,selensium,nickel,aluminium,bromine,boron dan arsenik.
Beberapa mineral mempunyai persediaan dalam tubuh,misalnya tulang sebagai tempat penyimpanan calcium.keperluan seorang anak akan mineral jauh lebih besar dari orang dewasa untuk membentuk jaringan-jaringan baru dan cairan badan.biasanya makanan anak berapa besarpun perbedaan bahan makananya akan mengandung cukup mineral.
Kemungkinan terjadinya kekurangan mineral adalah pada calcium,ferrum,yodium,dan mungkin fluoride sehingga dalam hal ini harus di tambahkan pada makanan anak.makanan yang kekurangan mineral-mineral atau unsur-unsur tersebut mengakbatkan ketidakberesan.
Air
jalanpisang.com

Air di perlukan untuk membuat badan tetap normal,kalau badan kekurangan air,segera terjadi kelainan.air di dapat dari cairan-cairan dan makanan yang kita makan sehari-hari,kurang lebih dua pertiga massa badan terdiri dari air.
Orang akan mati kalau tidak minum dalam waktu beberapa hari saja,biasanya di perlukan 2-3 liter sehari,kalau panas atau kerja keras,lebih banyak lagi harus minum. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel