5 6 Sejarah Ilmu Kesehatan Masyarakat - jalanpisang.com

Sejarah Ilmu Kesehatan Masyarakat

jalanpisang.com- Ilmu kesehatan adalah ilmu yang tumbuh dari pengalaman-pengalaman rakyat sejak zaman purba.Para pendeta memegang peranan penting dalam dunia,ketabipan di jaman dahulu kala.Bangsa mesir menurut papyrus Ebor (Tulisan daun lontar) Kurang lebih 1500 tahun S.M telah mempunyai pengetahuan yang lebih tinggi dalam soal Kesehatan.
Bangsa mesir pada waktu itu telah mempunyai pengetahuan yang luas tentang anatomi.Juga bermacam-macam penyakit seperti penyakit perut,lepra dan lain-lain.
Saluran -saluran air,pintu-pintu air,riolering di kota-kota,dan lain sebagainya.merupakan bukti taraf pradabanya.
Zaman Romawi dan Yunani
Di antara bangsa-bangsa zaman dulu,bangsa Griek dan Romalah yang banyak mengadakan peraturan-peraturan mengenai Kesehatan Masyarakat.Banyak pejabat-pejabat Negara dan ahli filsafat mempelajari dengan sungguh-sungguh soal-soal kesehatan.
jalanpisang.com

Lykurg 1800 S>M mengajarkan bahwa badan itu dapat menjadi kuat dengan Hidup teratur,Juga Solon,Pythagoras,Plato dan Aristoteles setuju dengan pendapat Lykurg tersebut.
Terutama Plato dan Aristoteleslah yang mempunyai pengetahuan yang tinggi tentang kesehatan.Hippocrates berdiri tinggi di atas ilmu kedokteran kependetaan dan ilmu kedokteran pengalaman Beliau mempunyai penuh pengetahuan tentang Ilmu kedokteran,banyak sekali tulisan yang di tinggalakan oleh Hippocrates.
Pada Bangsa Romawi ada dua belas peraturan-peraturan tentang kesehatan yang berarti adalah pengawasan makanan,got-got dan saluran air,peraturan mengurus mayat dan lain sebagainya.
Untuk menjaga peraturan-peraturanan itu di taati,di adakan sangsi2 hukum bagi yang melanggar,tempat-tempat permandian di Roma harus memenuhi syarat-sayart kesehatan yang di buat Negara.Pada zaman dahulu orang2 Roma mengambil air dari sungai tetapi sejak 614 S.M di buatlah saluran air minum.
Selain permandian-permandian perorangan yang banyak jumlahnya,adapulah pemandian-pemandian umum .Augustuslah yang pertama kali memberi saran di adakan pemandian umum tersebut.Sangat besarlah tempat pemandian Nero.Agrippina,Titus,Trajanus dan lain sebagainya.
Sudah sejak Raja kelima telah di adakan pengaliran-pengaliran bawah tanah,waduk-waduk dan tempat penyimpanan air yang besar-besar.Sampai datangnya zaman Augustus mengeluarkan peraturan-peraturan mengenai bagunan-bagunan.
Tinggi rumah di tetapkan 70 kaki dan kamar harus mendapat penerangan dan Udara.karena tingginya rumah,maka di jalan-jalan kota Roma menjadi sempit di bandingkan dengan tingginya rumah.
Setelah pembakaran besar-besaran di bawah Nero,maka dalam pembangunanya kembali di tetapkanya lebarnya jalan-jalan.Dengan runtuhnya kerajaan Roma,maka hampir semua hasil-hasil yang telah di capai dalam lapangan kesehatan runtuh pula.
Abad Pertengahan
Pendirian orang -orang Kristen dalam abad pertengahan tentang perhatian dan kemajuan kesehatan tidak menguntungkan.Kristen tidak memperhatikan kesehatan jasmani bahkan di anggap berlawanan dengan perbaikan rohani.
Maka tidaklah mengherankan kalau dalam abad pertengahan itu menghebatlah penyakit-penyakit menular.Terkenallah penularan pes kelenjar yang di mulai dari Pelusium (542 sesudah masehi).
Selanjutnya pandemi dari tahun 1346 sampai 1353 yang terkenal sebagi maut hitam.
Lepra dan Syphilis banyak terjadi pada waktu perang Salib dan abad ke 12 sampai 15.
Penyelidikan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi meluasnya penyakit rakyat tidak dapat di laksanakan karena keyakinan orang-orang Kristen yang salah.
Abad Delapan Belas 18
Jalan pikiran Purbakala ini telah berbalik dengan sangat hebat pada akhir abad 18.Meskipun dalam abad itu masih juga merajalelah takhayyul dan kepercayaan yang salah.Perguruan tinggipun tak terkecuali terutama Fakultas theologia yang sering masih bersifat takhayyul.
Keadaan sosial mempermudah timbulnya wabah,rakyat terlalu di bebani dengan pajak-pajak.peyakit-penyakit seperti malaria,pes ,typhus,dysenterie dan lain sebagainya.dan memakan korban banyak sekali.
Taraf kedokteran ada pada taraf lebih rendah dan kehilangan kedudukanya sebagai pemimpin.Para pelajar berlarut-larut dan berangan-angan dan perdebatan-perdebatan yang tidak berguna.Para penderita di biarakan saja dalam rumah-rumah perawatan sebagian sangat menyedihkan.
Penyakit di artikan sebagai hukuman Tuhan,adzab yang di jatuhkan kepada manusia.Kerap kali orang yang sakit,atau orang-orang gila dan orang-orang Hukuman di masukkan dalam satu rumah perawatan untuk memperbaiki jiwa mereka.kesemuanya ini adalah di karenakan oleh sifat Gereja yang sangat Takhayyul.
Kemudian mulailah kemerdekaan berpikir yang di perjuangkan oleh Voltair menjadi pengertian umum.Ini menyebabkan orang-orang yang berpengetahuan tinggi memberontak dan membuka mata.
Perasaan ke sosialan menimbulkan peraturan-peraturan untuk memberantas penderitaan rakyat dan memperbaiki kesehatan.
Idea tentang Humanity timbul di Inggris,dan di pelopori oleh John Howard yang pernah tertawan.Setelah di bebaskan dia memilih sebagai tujuan hidupnya ialah memperbaiki keadaan rumah-rumah sakit.Perbaikan bagunan-bagunan rumah-rumah sakit kita jumpai di Inggris,di mana seorang architect Rovehead di London membangun di Plymouth rumah sakit untuk pelaut.
Bentuk-bentuk rumah sakit ini berupa pavilyun-pavilyun yang berlainan dengan bentuk Bangsal pada umumnya.Biarpun Ilmu kesehatan masyarakat dalam abad 18 itu belum menduduki tempat yang baik,tetapi Peter Frank telah menyebabkan terjadinya gerakan baru.Peter Frank adalah dokter dan Guru besar di Gottigen,Bavaria Wina dan Penulis enam jilid buku.ia berpendirian seperti Mirabeau ialah bahwa urusan kesehatan adalah urusan negara.
Pendirian Peter Frank bahwa ilmu kesehatan harus mendapat tempat dalam susunan Pendidikan modern dan di realisir oleh Hufeland.Di samping tulisan-tulisan Peter Frank dan Hufeland terdapat pula karangan-karangan lain yang baik.
hanya waktu itu masih mengabaikan pengetahuan-pengetahuan yang dan pertimbangan-pertimbangan tentang meluasnya wabah.Baru kemudian orang mulai menyelidiki penyebab penyakit dengan menggunakan Mikroskop.Asthanasius pada tahun 1646 mencarinya dalam darah,Leuvenhoek dalam gigi di ikuti Spallanzani pada tahun 1765 dan Fredrich Muller pada tahun 1786.
Pengertian Infeksi sejak itu sudah ada,begitu juga dengan perlunya des-infeksi.Tahun 1772 Plenciz telah menyusun teori tentang arti etiologis mikroorganisme.juga ia beranggapan bahwa beberapa bahan kimia dapat di pergunakan untuk desinfeksi.
Herman Johan Pringle 1707-1782 pertama-tama menulis tentang wabah dalam ketentaraan.Rumah-rumah sakit yang penuh sesak adalah salah besar,ruangan harus cukup luasnya.termasuk sebagai pelopor dalam lapangan kesehatan masyarakat adalah Graf rumford.Ia adalah ahli ilmu alam dan banyak penyelidikan-penyelidikan mengenai suhu yang amat mengagumkan.
Di sekolah ia tidak begitu pandai,tetapi hasratnya begitu besar untuk menyelidiki.Pada tahu 1770 mulailah ia mempelajari soal-soal kedokteran yang mencurahkan perhatianya dalam soal-soal prikemanusiaan dan pemberantasan kemiskinan.Rumkorf pertama mengetahui sifat pakaian,Peter Gamper pada tahun 1762 menunjukkan kesalahan pembalut kaki,dan Sommering pada tahun 1788 mengumumkan penemuan.
Di antara sarjana-sarjana yang dalam hidupnya memperhatikan soal-soal kesehatan termasuk Lavoiser.Kesehatan tergantung pada kebersihan,keadaan air untuk mencuci dan mandi dan pergantian udara.air dan kebersiahan tidak dapat di pisahkan,pengaliran air dari semua rumah-rumah harus di adakan,juga saluran pembersihan.
Menurut beliau semua bagian-bagian harus dapat memperoleh air dengan krann,bahan-bahan penularan harus di cegah.Rumah-rumah tidak boleh basah dan untuk menghilangkan kebasaan ini ventilasi harus baik.
Banyak terjadi kematian apabila orang memasuki saluran besar di bawah tanah.Jika dalam saluran-saluran itu di taruhkan kapur bakar maka bahaya itu berkurang,Graaf d' Arcoy menggunakan cara tersebut untuk mencegah infeksi dalam air.Lavoiser mempelajari perubahan-perubahan zat-zat dalam kloaka itu berpendapat bahwa kapur dan semua alkali mempunyai pengaruh menghambat pembusukan.
Dalam segala jurusan pekerjaan dalam abad 18 itu teryata tidak berhasil baik.Semua negara belum dapat menginsafi bahwa dengan jalan mengurus kesehatan masyarakat dapat di peroleh manfaat besar.Kehidupan ilmu kesehatan masyarakat yang masih mudah itu makin hilang dengan adanya pemerintahan-pemerintahan terror dan peperangan-peperangan.1796 Jenner mempergunakan pencacaran yang sangat baik untuk pemberantasan cacar.
Perkembangan baru terjadi dalam ilmu kesehatan masyarakat dengan munculnya Max v.
Pettenkofer dengan berbagai penemuanya.
Urusan kesehtan di Inggris di mulai tahun 1848 di Prancis,Organisasi kesehatan modern mulai dengan Undang-undang tahun 1789-1791,di Amerika Serikat,gerakan kesehatan masyarakat di mulai pada tahun 1850 dengan adanya"Laporan Shattuck'.
Di lain-lain negara gerakan Kesehatan masyarakat baru di mulai pada akhir abad 19 atau abad ke 20.

jalanpisang.com
Abad Dua Puluh
Perkembangan Ilmu kesehatan masyarakat dalam ilmu kedokteran,pencegahan dalam abad 20 amat penting.Perkembangan Ilmu Kesehatan Masyarakat sejajar dengan perkembangan peradaban.Sejak pertengahan abad 19 pradaban dan pengetahuan mengenai kesehatan masyarakat mulai tersebar luas.
Keperluan mengenai kehidupan para pekerja dan orang-orang terlantar menyebabkan berkembangnya ilmu kesehatan masyarakat.Kesehatan dan kedokteran di pandang sebagai kewajiban masyarakat danpemerintah.
Soal pemberantasan penyakit selain menjadi perhatian para dokter,juga menjadi kewajiban ahli politik dan ekonomi.Lebih luas lagi pemberantasan penyakit adalah tanggungjawab seluruh warganegara.Kesehatan masyarakat merupakan masalah penting di tinjau dari segi nasional dan internasional.Dengan dapatnya di kuasai penyakit infeksi maka penduduk dapat mencapai umur tua
Dengan lebih tuanya penduduk,maka penyakit yang ada di kalangan penduduk  berubah.Kini penyakit-penyakit yang terjadi karena proses kemunduranlah yang terbanyak jumlahnya.Penyakit-penyakit semacam itu misalnya kanker dan penyakit jantung dan pembuluh darah.
Sedangkan setengah abad sebelumnya terdapat lebih banyak penyakit-penyakit infeksi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel