5 6 Sejarah Kesehatan Masyarakat di dalam Lingkungan Dunia Islam - jalanpisang.com

Sejarah Kesehatan Masyarakat di dalam Lingkungan Dunia Islam

jalanpisang.com-Setelah mengurai sejarah kesehatan masyarakat yang terlalu Eropa,seperti halnya lain-lain sejarah.Ingin saya di sini menguraikan sekedar sejarah kesehatan masyarakat dalam lingkungan Dunia islam.
jalanpisang.com

Sebelum islam datang,bangsa arab hidup dalam alam kebodohan ( jahiliyyah) yang tidak sehat,Jasmani mereka sangat rusak oleh minum-minuman keras dan penyakit-penyakit yang dengan leluasa merajalela.Ini di sebabkan karena mereka hidup dalam lingkungan yang jauh dari syarat-syarat kesehatan.
Kebersihan tidak ada sama sekali pada mereka,bahkan kotoran lahir bathin yang ada.Mereka makan minum apa saja yang di sukai meskipun mengganggu kesehatan.Pengetahuan tentang kesehatan dan penyakit sama sekali tidak ada.Rohaninya penuh dengan penyakit kemusyrikan,kekafiran ,dan ketakhayulan.Mereka menyembah selain Allah,mereka menyembah berhala,batu,pohon,gunung bahkan kue dan lain sebagainya.
Mereka kafir kepada Allah,tidak percaya kepada hari kemudian,tidak percaya kepada Nabi.Tindak tanduknya sehari-hari di pimpin oleh syehtan dan jauh menyimpang dalam kebenaran.mereka mengubur hidup-hidup anak perempuanya yang baru lahir karena takut malu.
Mereka saling memerangi satu sama lain,karena sebab-sebab yang tidak berarti sama sekali.Perjudian,pencurian,mabuk,persinaan ,pemerkosaan dan lain-lain kejahatan merajalela.Mereka sama sekali tidak memperhatikan nasib kaum yang lemah,bahkan mereka menindasnya.maka tidak akan mengherankan kita kalau bangsa arab pada waktu itu kesehatanya jelek.
Angka kematian mereka tinggi sehingga jumlah mereka tetap sedikit saja,bahkan mereka terancam bahaya kemusnahan.tetapi rupa-rupanya bangsa Arab pada waktu itu tidak menginsafi akan ancaman bahaya ini.
Mujurlah bagi bangsa Arab,karena tatkala di ancam bahaya kemusnaan datanglah Islam.
Di mana setelah wahyu pertama berbunyi " Iqra"(bacalah) wahyu selanjutnya turunlah surat Al-Muddatstsir yang ayat kelima dan keenam berbunyi " Wa tsiyabaka fa thahhir,war rujza fahjur' ( dan pakaianmu sucikanlah,dan kecemaran jauhilah).
Islam di samping mementingkan pendidikan rakyat juga mementingkan kebersihan dan kesucian.Padahal "Kebersihan adalah pangkal Kesehatan"demikianlah bunyi dalil ilmu kesehatan masyarakat.memang di dalam islam tedapat lengkap aturan-aturan kesehatan yang sederhana dan dapat di kerjakan setiap orang,akan tetapi kalau di turuti dengan sungguh-sungguh,benar-benar dapat menjamin kesehatan setiap pemeluknya.
Dengan mengikuti peraturan-peraturan Islam dengan sungguh2 orang akan sehat jasmani,rohani,sosialnya.Aturan-aturan Islam mengenai kesehatan itu sangat sederhana dan sangat mudah di kerjakan.Nas-nas yang berisi ajaran2 kesehatan lengkap terdapat dalam Al-Qur'an dan Al-Hadits.13).
Kebersihan yang menjadi sendi kesehatan sangat di wajibkan dalam islam."Kebersihan sebagian dari Iman".dan kebersihan ini telah mengangkat derajat kesehatan Ummat Islam sampai puncak.
Nabi s.a.w sendiri adalah tauladan kebersihan dan kesucian,baik tentang tubuh,pakaian,maupun rumah.Islam mempunyai peraturan2 yang tepat mengenai pemberantasan penyakit menular yang merupakanan pembaruan secara revolusioner.Pendapat tentang pokok asalnya penyakit dan caranya penyakit berkembang lalu berubah.
Islam mempunyai peraturan-peraturan yang baik sekali mengenai makanan dan minuman yang amat sesuai dengan  kesehatan.Islam melarang kita makan dan minum sesuatu yang memabukkan yang sudah terang membahayakan kesehatan.
Islam melarang kita makan minum sesuatu yang membahayakan kesehatan.Islam mengharamkan makanan dan minuman yang berbahaya bagi kesehatan.Islam melarang kita makan dan minum berlebih-lebihan yang terang membahayakan kesehatan.Islam mengharamkan makanan dan minuman yang jelek-jelek dan menghalalkan yang baik-baik.
Olahraga yang juga menjadi salah satu dasar ilmu kesehatan modern sangat di pentingkan oleh islam.
Olahraga memajukan hygiene,baik hygiene umum,maupun hygiene perseorangan ( persoanal hygiene).Pendidikan tidak boleh hanya mengenai kecerdasan otak dan kehalusan budi saja,melainkan harus bersama-sama di majukan dengan kesehatan jasmani dan rohani.amin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel