Tips dan Strategi Marketing Interactive

jalanpisang.com Dengan mempelajari tips marketing,bagaimana sekarang penerapan di dalam strategi,agar kita bisa mengetahui motif pembelian mana yang ada pada pembeli.
Di mana kita sebagai pembeli atau sebagai wiraniaga harus dapat ikut memecahkan persoalan.
Cara yang harus kita lakukan adalah ;
  • Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
  • Mendegarkan secara cermat,segala sesuatu yang sedang di paparkan pembeli
  • Mempergunakan bahan-bahan visual yang di tunjukkan pada pembeli
  • Dengan jalan mengamati ( obseserving)
Contoh ;
Misalkan seorang wiraniaga A.C dapat mengajukan pertanyaan kepada seorang pedagang atau pemilik toko,apa iya tidak sependapat bahwa tokonya bila di pasangi AC akan lebih banyak menarik langganan.

jalanpisang.com
Apakah iya tidak ada minat sama sekali untuk membeli AC.atas dasar pembayaran kredit bertahap.
Pertanyaan ini mengunggah motif dan profit dari si pedagang tersebut.
Acap kali dalam pembicaraan dengan seorang pembeli,kita segera dapat tahu motif pembelian yang terselubung dari si pembeli,misalkan ia mengutarakan ; Saya ini kalau melakukan perjalanan jauh dengan mobil paling senang menyetir sendiri.cuman pada hari-hari yang panas sekali,baju saya basah sekali karena menyender terus pada kursi.pada contoh ini jelas bahwa motifnya adalah comfort yang di carinya.
Dengan menunjukkan gambar dari sistem penggunaan satu barang seringkali kita dapat membujuk lebih cepat pembeli, misalnya mesin cuci yang serba praktis.
Dengan mengamati keadaan lingkungan pembeli,cara ia berpakaian,barang2 yang ia gunakan,dapat segera kita mengetahui motif pembelian.
Misalkan seorang pembeli yang selalu berpakaian rapi dan jam tangan yang di pakainya adalah dari salah satu merek yang Termahal,maka jelas sudah motif pembelianya lebih banyak di dasarkan oleh kebanggaan dan prestasi diri.
Sebagai wiraniaga,kita harus segera memanfaatkan motif pembelian,yang merupakan dasar pertimbangan konsumen.tergantung dari barang apa yang harus kita jual.kadang pendekatan kita harus dengan cara rasional.Kadang dengan cara emosional ( mengigatkan betapa anak yang di cintai akan merasa bahagiai bila di beri hadiah barang yang di inginkan).
Bahkan sering dengan cara emosional dan rasional di campur.Untuk membeli mobil misalkan wiraniaga harus melakukan pendekatan emosional kepada istri pembeli,sedangkan kepada suami harus secara rasionil.
Proses pembelian dan keputusan untuk membeli
Beberapa persoalan atau masalah yang selalu di hadapi setiap pembeli,dari mulai pertama kali ia merasakan suatu kebutuhan sampai dengan di belinya barang atau jasa.
  • Masalah kebutuhan (need)
  • Masalah barang ( product)
  • Masalah tempat atau sumber (source/plance )
  • Masalah harga ( price)
  • Masalah waktu ( time )
1.Masalah kebutuhan
Kebutuhan akan sesuatu barang dapat di rasakan nyata oleh seseorang,dapat pula merupakan sesuatu yang masih terpendam atau dengan lain perkataan masih belum di sadari adanya kebutuhan.
Keahlian seorang wiraniaga adalah menciptakan suatu kebutuhan di dalam pikiran si calon pembeli sehingga timbul perasaan dan kesadaranya,bahwa memang barang2 yang di tawarkan itu adalah di butuhkan.
Jadi pertama-tama yang harus di ciptakan adalah suatu kebutuhan sebelum kita dapat ikut memecahkan persoalan mengenai harga.tempat dan waktu untuk membeli.perlu di camkan bahwa tiada suatu macam barang atau jasapun yang di beli seseorang bila ia tidak butuh atau merasakan adanya kebutuhan terhadap barang atau jasa tersebut.
2.Masalah barang
Bila kebutuhan telah timbul,dan dapat di sadari oleh si calon pembeli,masalah kemudian yang timbul adalah produk atau jasa apa yang akan di pilih.sebagaiman kita ketahui,di samping adanya type dari suatu macam barang.masih ada lagi berbagai merek dari berbagai pabrik yang beredar di pasaran.
Seorang pembeli yang telah mengenal suatu produk,baik karena ia pernah menggunakanya atau ia sudah mendapatkan keterangan yang lengkap dari orang ataupun terpengaruh oleh isi dari suatu iklan.
Maka baginya memilih barang demi memenuhi kebutuhan tersebut dan mendapatkan kepuasan,tidaklah akan menemui kesulitan.
Tapi bagi mereka kadang-kadang sulit untuk memilih atau mengambil keputusan dalam hal type barang yang di butuhkan.seringkali minta pendapat dari seorang wiraniaga mendegarkan keterangan yang di perlukan minta di lakukan sesuatu demonstrasi dan sebagainya sebelum ia putuskan untuk memilih barang yang di butuhkan.
3.Masalah tempat
Sama halnya dengan masalah barang beranekaragam macam tipe dan mereknya.tempat atau sumber dari barang2 tersebut untuk bisa di peroleh dan di dapat juga banyak jumlahnya.
Masalah atau problem yang di hadapi langganan adalah sumber mana yang dapat memberikan bantuan teknik,service mekanik,penyerahan dan fasilitas yang terbaik dan menjamin si langganan mendapatkan kepuasan yang terbesar dari pembelianya.
Para pedagang bukan saja di harapkan mengorganisir perusahaanya untuk menyediakan dan menyalurkan barang saja,tapi juga sama pentingnya di harapkan untuk dapat membantu langganan agar langganan dapat menyesuaikan barang tersebut dengan kebutuhanya.
Pemilihan sumber penyalur yang bisa membantu dan di percaya merupakan salah satu masalah terpenting yang di hadapi oleh para calon pembeli.Beberapa faktor juga sering mempengaruhi pemilihan sumber penyalur :
  • Strategi lokasi dari penjual ( location of seller ) Untuk barang-barang keperluan sehari-hari,konsumen memilih tempat2 terdekat.Untuk barang2 industri,para pengusaha melihatnya dari sudut biaya dan biaya dan kecepatan pengangkutan.
4.Masalah harga
Dalam masalah ini tentunya semua konsumen mengiginkan harga yang terjangkau,dan pastinya kualitas barang yang baik.karena kebanyakan konsumen mengiginkan hal itu,di kerenakan beberapa faktor yaitu sudah memiliki barang tersebut namun sudah mulai ada kerusakan.
Jadi pembeli biasanya memikirkan cadangan barang ,apabilah terjadi kerusakan,tidak repot-repot lagi untuk mencari atau membeli barang tersebut sebab sudah ada cadanganya.
5.Masalah waktu
Membeli suatu barang pada saat harga-harga dalam kedaan rendah,merupakan tujuan utama bagi para pembeli,untuk pembelian barang2 mode,biasanya para langganan memperhitungakan pula jangka waktu atau lamanya barang2 tersebut akan di senangi sesuai dengan musiman.
Keadaaan dari pembeli di bidang keuangan,besar kecilnya persediaan barang yang masih ada padanya.dan kebutuhan sangat mempengaruhi masalah waktu untuk membeli sesuatu barang.
Dalam hal memutuskan untuk membeli suatu barang,jalan pemikiran dari seorang pembeli pun mengikuti pola yang sama seperti halnya dengan proses pembelian,macam keputusan yang harus di ambil sebelum transaksi penjualan terlaksana.
Pertama-tama adalah faktor kebutuhan yang tentunya atau di putuskan.misalnya secara mendadak hanphone yang di gunakan untuk komunikasi dan kebutuhan bisnis rusak karena jatuh.
di sisni seorang memutuskan untuk menggantinya dengan yang baru.

Seorang wiraniaga harus pandai dan segera mengetahui keputusan-keputusan membeli yang mana sebetulnya telah di ambil seorang calon pembeli.
Pada umumnya,bila seseorang telah datang ke tempat kita untuk mencari sesuatu barang ia ambil sebelumnya.Harus ada tiga keputusan yang telah di ambil yaitu kebutuhan,waktu dan tempat.
Tinggal terserah juru jual untuk membantu calon pembeli untuk memecahkan problem produk yang di pilih dan harga yang ia bersedia membayarnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel