Pendidikan Kesehatan

jalanpisang.com-Pendidikan kesehatan di tunjukkan kepada murid-murid sekolah dan orang tua.Pelajaran ini harus di adakan di tiap-tiap sekolah mulai dari taman kanak-kanak.maksudnya adalah mengusahakan supaya anak-anak lebih memperhatikan dan menghargai kesehatan.
jalanpisang.com

Juga untuk memberi pergertian tentang pokok-pokok kesehatan dalam arti seluas-luasnya.pendidikan kepada orang tua dapat di lakukan,dengan cara ceramah-ceramah,demontrasi-demonstrasi dan lain sebagainya.juga kunjungan rumah pada orang tua murid di mana perlu dapat di lakukan,pendidikan kesehatan kepada murid tentu saja sebaiknya di lakukan oleh guru.
Oleh sebab itu guru harus tahu,benar mengenai prinsif-prinsif ilmu kesehatan.setiap guru harus pandai menerangkan kepada muridnya bagaimana cara memelihara kesehatan.Guru harus memberikan instruksi kepada murid-muridnya dalam soal-soal kesehatan.Oleh sebab itu rencana pelajaran mengenai soal kesehatan di sekolah guru harus di tambah.
Di samping itu pengetahuan mengenai kesehatan harus di tambahkan kepada guru,oleh karena mendidik kesehatan pada anak2 adalah sangat sulit,pendidikan yang terbaik adalah dengan memberi contoh2 yang praktis pada anak-anak sekolah.

Guru Harus Memberikan Kesehatan Anak-anak dan Membentuknya Secara Praktis.
Anak-anak harus di ajar bagaimana duduk yang baik,soal-soal kebersihan harus benar-benar diindoktrinasikan.Gigi,rambut dan kuku harus di jaga benar kebersihan dan kesehatanya.
Guru juga harus mengawasi benar2 mata,telinga,bahkan makanan.Juga penyakit yang harus di awasi dan di ajarkan bagaiman mencegahnya.
Kebersiahan badan dan pakaian harus di beri contohnya oleh guru,ada baiknya sekali-kali di adakan perlombaan kebersihan di antara kelas-kelas,ini tidak hanya merigankan beban guru,tetapi juga menggugah semangat.
Sehungga anak-anak bersaingan dalam soal kebersihan dan kesehatan mereka,pelajaran-pelajaran yang praktis kesehatan dapat meliputi misalnya bagaimana cara menggosok gigi yang baik dan benar.
pendidikan sekolah dapat pula di masukkan melalui pelajaran-pelajaran yang lain.misalnya pelajaran ilmu hayat dapat di tekankan pada soal-soal kesehatan,pelajaran mengenai ekonomi dan home economic dapat di isi masalah-masalah kesehatan.
Misalnya tentang bagaimana tersebarnya penyakit,cara pencegahan dan pemberantasanya,mata pelajaran khusus mengenai kesehatanpun dapat pula di berikan.

Pendidikan Kesehatan ini harus di berikan oleh guru sekolah sendiri,dan jangan di berikan oleh seorang petugas kesehatan yang khusus di undang,petugas kesehatan yang khusus di undang tidak akan dapat memberikan pendidikan yang mengesan,sebab kebanyakan mereka terlalu fanatik sehingga ceramahnya berbau propaganda.
Sebaliknya guru sekolah yang setiap hari bergaul dengan murid-muridnya,mereka dapat memberikan pendidikan mengenai masalah-masalah kesehatan dengan baik.pendidikan kesehatan di sekolah dapat meliputi misalnya pencegahan Tbc dan pengobatanya,pencegahan penyakit muntah berak,gizi dan lain sebagainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel