Pengawasan Kesehatan di Sekolah

jalanpisang.com- Segala sesuatu yang mungkin ada hubunganya dengan kesehatan harus di awasi misalnya,kebersihan,penyakit-penyakit,kelainan,kemunduran angka pelajaran,dan lain-lain.
Guru adalah Tenaga yang paling rapat hubunganya dengan murid dan harus mengawasi kesehatanya harus di beri peneragan-penerangan dan petunjuk-petunjuk seperlunya agar mereka dapat melakukan tugas ini dengan baik.jadi pendidkan guru harus di tambahkan lagi kurikulumnya mengenai masalah-masalah kesehatan.
Anak-anak harus di periksakan kesehatanya pada waktu-waktu yang tertentu dan di mana perlu,sedikit-sedikitnya pada murid-murid kelas 1 dan kelas 6 adalah waktu masuk dan meninggalkan sekolah.guru sedapat mungkin setahun sekali sebab penyakit yang terdapat pada guru mudah menular pada murid-muridnya.
jalanpisang.com

Lebih baik apabila anak-anak dapat di periksa kesehatanya 3x selama sekolah adalah pada tahun pertama mereka masuk sekolah pada tahun ke tiga dan pada tahun terakhir.lebih baik lagi kalau dapat di adakan pemeriksaan kesehatan tiap-tiap tahun.pemeriksaan kesehatan berkala baik umum maupun khusus di lakukan oleh dokter.pelaksanaan pemeriksaan kesehatan di sekolah
haruslah di atur dengan seksama.
Harus hadir dokter puskesmas,kepala sekolah,guru kesehatan dan petugas kesehatan sekolah.penting pula pemeriksaan khusus terhadap penyakit-penyakit tertentu,seperti tbc,mutah-muntah dan demam berdarah.

Pemeriksaan Kesehatan Sebaiknya di lakukan Pada Jam Pelajaran Biasa
Pada waktu pemeriksaan,orang tua murid harus di beri tahu,terutama ibunya,sebab mungkin kita perlu mengetahui riwayat anak atau keluarga.atau mungkin kita perlu memberikan instruksi-instruksi tentang suatu kekurangan pada anak,atau mungkin juga kita harus merundingkan tentang pengobatan yang akan kita lakukan.
Untuk setiap anak kita bualah satu kartu kesehatan di mana kita tuliskan hal-hal mengenai kesehatan,misalnya berat badan,tinggi badan,penelitian pada mata dan telingan dan lain sebagainya.pengawasan kesehatan sekolah di lakukan dalam jam kerja sama dengan school nurse.sayang sekali masih banyak guru yang memandang pekerjaan ini seluruhnya tugas perawat sekolah.padahal justru gurulah yang seharusnya memegang peranan yang terpenting,kalau gurulah yang pertama-tama harus mengetahui kelainan dan penyakit murid.
Sebab itu guru sedikit banyak harus tahu tentang penyakit yang banyak pada anak,jika pada murid terdapat penyakit-penyakit kelainan hendaknya segera di ambil tindakan seperlunya,guru juga harus membantu juru rawat sekolah dan dokter dalam pemeriksaan kesehatan.
Bahkan guru kelas harus pula mengadakan pemeriksaan kesehatan berkala sendiri.pemeriksaan berkala ini di lakukan sekali seminggu pada hari yang telah di tentukan.pemeriksaan berkala di lakukan  pada murid-murid sekolah dasar.di sekolah lanjutan usah.oleh karena murid-murid di sekolah lanjutan telah mempunyai kesadaran dan tanggung jawab terhadap kesehatanya.
Pemeriksaan ini dapat di lakukan di luar maupun di dalam kelas,di waktu pemeriksaan anak di suruh berdiri satu persatu di depan guru.

Bila pemeriksaan di lakukan di luar kelas ,maka sebelum masuk ruangan di suruh berbaris,anak di suruh maju satu persatu dan berhenti sebentar di depan guru sambil membuka jari tangan.harrus di periksa kebersihan tangan dan kuku,serta kebersihan kepala dan rambut.
Di lihat ada tidaknya kutu,kotoran di kepala terutama pada anak perempuan,harus di perhatikan kebersihan pakaian,kulit badanya,kebersihan tangan dan kaki.anak di suruh mandi menyisir,membersihkan gigi,di larang menggigit dan mengisap jari dan lain sebagainya.anak di suruuh memperlihatkan kedua baris giginya dan di suruh mengangkat mulut untuk melihat kebersihan mulut,gigi,gusi dan lain sebagainya.
Harus di lihat apakah warna lendir menjadi merah membara,harus di lihat pula apakah terdapat bintik abu-abu atau selaput putih pada selaput lendir,harus di lihat apakah anak pucat ataukah tidak,lemahkah atau tidak,lesukah atau tidak dan lain sebagainya.
Harus di periksa pula apakah nafasnya berbau karena gigi busuk,penyakit pada alat pernafasan,selain pengamatan dan pemeriksaan berkala guru juga melakukan penelitian pada mata dan telinga,juga penimbang berat badan dan pengukuran tinggi badan untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan,bahkan setiap pagi secara sepintas,harus di kerjakan pengamatan dan observasi secara berkala dan konsisten.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel