Cara Mengatur Dan Mengoptimalkan Router Nirkabel Untuk Performa Wi-Fi

 Cara Mengatur Dan Mengoptimalkan Router Nirkabel Untuk Performa Wi-Fi 

Cara Mengatur Dan Mengoptimalkan Router Nirkabel Untuk Performa Wi-Fi - Ingin memperbarui jaringan nirkabel anda untuk kinerja atau keamanan yang lebih baik? Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengkonfigurasi router dan jaringan nirkabel anda dengan cara yang benar.

Sementara pabrikan telah membuat utilitas instalasi lebih mudah selama bertahun-tahun, mendapatkan yang terbaik dari pembelian router nirkabel baru anda biasanya berarti mempelajari sedikit lebih dalam daripada rutinitas instalasi standar. Hanya karena anda telah mencolokkan semuanya dan semua lampu yang berkedip telah berubah menjadi hijau, bukan berarti kinerja jaringan anda atau keamanannya sebaik mungkin. Ikuti langkah-langkah dasar ini untuk mengkonfigurasi router anda dengan benar dan mengoptimalkan jaringan nirkabel anda.

Bagaimana Saya Menghubungkan Router Wi-Fi Saya?

ronter nirkabel wifi


Langkah-langkah ini mengasumsikan bahwa anda telah menemukan perute yang tepat untuk rumah anda. Sebagai bagian dari pemilihan router, dua pertanyaan tambahan yang perlu anda jawab adalah apakah anda menginginkan router Wi-Fi 6 atau sistem mesh Wi-Fi atau bahkan keduanya dalam satu. 

Wi-Fi 6 adalah standar yang muncul yang akhirnya melihat semakin banyaknya pilihan router yang kompatibel datang ke pasar. Jika anda ingin mengganti router anda saat ini dan sudah lebih dari tiga tahun, atau jika anda hanya mencari yang terbaru dalam hal kecepatan dan keamanan, Wi-Fi 6 adalah yang anda inginkan, tetapi periksa Wi-Fi 6 untuk informasi yang lebih mendalam terlebih dahulu.

Sistem jaringan Wi-Fi ditujukan untuk orang-orang yang bersedia membayar sedikit lebih banyak untuk dua manfaat utama: penyiapan dasar yang mudah dan jangkauan Wi-Fi di seluruh rumah. Meskipun anda dapat meningkatkan cakupan di rumah anda dengan router standar dan extender jangkauan nirkabel, solusi itu cenderung membuat pengguna melompat melalui beberapa rintangan tambahan untuk membuat semuanya bekerja dengan lancar, terutama memaksa pengguna untuk masuk ke jaringan nirkabel yang berbeda tergantung di mana mereka. 

Jaringan Wi-Fi membuat semua itu berlalu dengan jalur yang sangat cepat dan mudah menuju penyiapan awal dan serangkaian node yang kompatibel yang terintegrasi dengan mulus ke dalam satu jaringan nirkabel yang menyelimuti seluruh rumah anda.

Sistem mesh Wi-Fi yang lebih baru, menggabungkan Wi-Fi 6 dan teknologi mesh ke dalam satu paket dan untuk eeros baru, tambahkan rumah pintar zigbeeteknologi juga. Namun, sementara Wi-Fi mesh jelas merupakan opsi paling sederhana untuk mencapai set dasar lampu berkedip hijau, itu masih hanya mewakili pengaturan router dasar, mesh atau lainnya. 

Ketika anda mulai mencari untuk mengubah pengaturan jaringan anda, misalnya untuk meningkatkan keamanan dengan jaringan tamu dan kontrol orang tua atau bahkan untuk menambahkan pengaturan kualitas layanan (QOS) untuk melindungi lalu lintas yang datang dari aplikasi tertentu atau bepergian ke perangkat tertentu, maka anda akan perlu menggali di bawah utilitas instalasi dasar router atau sistem mesh. Saat itulah langkah-langkah di bawah ini akan berguna.

Penempatan Dan Penyiapan

Sebelum memulai, anda perlu mempertimbangkan di mana anda akan menempatkan router anda. Menemukan ruang terbuka menuju pusat hunian anda adalah cara terbaik untuk memastikan cakupan yang optimal. Ketahuilah bahwa dinding dan lantai akan menghalangi sinyal Wi-Fi, jadi semakin banyak penghalang yang anda miliki antara perangkat dan router anda, semakin lemah sinyalnya. 

Cobalah untuk menghindari kedekatan dengan benda logam besar, kaca, batu bata, atau beton. Sistem mesh Wi-Fi mengatasi masalah ini dengan memungkinkan anda menempatkan node yang didesain secara menarik di mana pun jangkauannya paling lemah. Tetapi bagi mereka yang bekerja dengan router standar atau bahkan extender jangkauan nirkabel, ini akan membutuhkan kesabaran dan pengujian untuk melihat di mana area penempatan optimal anda.

Mulailah proses ini dengan menghubungkan router anda ke modem anda . Untuk ini, anda memerlukan kabel ethernet, yang ingin anda colokkan ke  port wan di bagian belakang router anda. Porta ini mungkin terlihat sedikit berbeda dari satu router ke router lainnya, tetapi biasanya memiliki warna yang berbeda dari port lain dan diberi label wan, internet, atau yang serupa. 

Seperti disebutkan di atas, sebagian besar sistem Wi-Fi mesh dan beberapa router nirkabel standar terbaru sekarang dapat dikonfigurasi sepenuhnya dari ponsel cerdas anda  . Produsen akan memiliki aplikasi penyiapan uniknya sendiri, jadi lihat panduan mulai cepat router anda untuk memastikan anda mendownload yang benar. Tidak semua router memiliki aplikasi seluler, dan jika anda lebih suka tidak menggunakannya, selalu ada metode cadangan. 

Biasanya, ini adalah url situs web khusus yang memuat halaman konfigurasi internal router. Anda dapat menemukan url ini dengan menghubungkan komputer anda ke salah satu port lan router melalui kabel ethernet dan memasukkan 192.168.1.1 atau alamat serupa ke dalam bilah pencarian browser anda.

Langkah pertama untuk mengaktifkan dan menjalankan jaringan anda adalah menyiapkan nama pengguna dan kata sandi. Jika anda kebetulan memiliki perute yang sudah dimiliki sebelumnya, nama pengguna dan kata sandi dapat disetel ulang ke default pabrik dengan menahan tombol tersembunyi di suatu tempat di perute. Seringkali, default ini adalah sesuatu seperti admindan admin, yang diketahui oleh setiap calon peretas, jadi pastikan untuk segera mengubahnya. Pastikan untuk menggunakan  kata sandi aman  yang menyertakan campuran huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Bagaimana Saya Mengonfigurasi Router Saya?

wifi


Dengan nama pengguna dan kata sandi yang ditetapkan, anda dapat melanjutkan untuk mengonfigurasi pengaturan perute anda. Seperti halnya memasak makan malam, tidak ada cara yang tepat untuk memasang router, dan setiap model cenderung memiliki langkah-langkah uniknya sendiri, bergantung pada fiturnya. Karena itu, mencoba mendeskripsikan setiap jalur konfigurasi yang memungkinkan di sini akan melelahkan dan tidak ada gunanya. Kami merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan manual router anda untuk spesifikasinya.

Sebagian besar perute menyediakan beberapa bentuk rutinitas penyiapan singkat yang meminta lebih dari sekadar ssid dan kata sandi. Jika ragu, mulailah dengan ini. Utilitas ini hanya membawa anda sejauh rangkaian lampu hijau berkedip yang disebutkan di atas, tetapi bahkan bagi mereka yang ingin melampaui tahap itu, anda harus mencapainya terlebih dahulu. Mengikuti dokumentasi router dan menggunakan utilitas penyiapannya sendiri selalu merupakan jalur terpendek ke tujuan itu.

Jika anda pernah memasangkan dua perangkat bluetooth, seperti smartphone dengan  headphone , maka anda sudah memiliki pemahaman dasar tentang cara kerjanya. Katakanlah anda ingin menghubungkan  windows 10 laptop ke router anda. Di laptop anda, anda akan melihat ssid router anda muncul di daftar jaringan nirkabel yang terlihat di windows. Saat anda memilih SSID dan mencoba menyambung, windows akan meminta anda memasukkan kunci keamanan jaringan, yang merupakan cara teknis yang tidak perlu untuk mengucapkan kata sandi. 

Jika anda telah melakukan pekerjaan yang benar dengan keamanan anda dan membuat kata sandi dengan huruf besar dan kecil acak, angka, dan simbol, anda akan benar-benar melupakannya dan tidak ingin repot mengetiknya lagi. Sebagai gantinya, tekan tombol wps di router anda. Anda harus mengizinkan setidaknya satu menit untuk router dan laptop untuk menemukan satu sama lain dan berhasil memasangkan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel