Widget HTML Atas

Bahaya kanker untuk tubuh sehatq

 

Bahaya kanker untuk tubuh sehatq

Kanker tumbuh dan berkembang secara bertahap,pertumbuhan di mulai ketika suatu sel dari sekian banyak sel normal tiba-tiba mengalami mutasi genetic.sel tersebut berkembang dan membela diri.

sel kanker

Beberapa tahun kemudian,sel tersebut mengalami mutasi lagi yang menyebabkan pertumbuhan dan ukuran sel menjadi lebih besar,keadaan ini di sebut fase displasia.berkembang di mulai dari fase dysplasia ringan ,sedang dan di splasia berat dan menjadi kanker ganas  yaitu berkembang menembus batas jaringan tempat kanker tersebut tumbuh.

Beberapa tahun kemudian ,sel kanker dapat menembus basal dan menyusup ke jaringan sekitarnya.keadan tersebut dinamakan invasive.sel kanker juga dapat melepaskan diri dari tempat asalnya menembus pembuluh darah atau pembuluh getah bening,kemudian bersama dengan aliran getah bening  sel kanker tumbuh dengan sifat2 yang sama dengan kanker induknya.penyebaran kanker  ke jaringan tubuh yang lainya ini di namakan anak sebar (metastasis).biasanya kematian sulit di hindari bila terjadi metastasis.

Yang perlu di ketahui mengenai  penyakit kanker

Yaitu menghindari makanan yang di asingkan ,di panggang atau di asap.atau makanan yang di simpan telalu lama karena dapat tercemar dan gampang menumbuhkan jamur,kalian juga perlu menghindari makanan yang menggunakan pegawet dengan bahan atau zat yang berbahaya.dan berhenti merokok  karena asap rokok juga sangat berbahaya yang mengandung zat nikotin yang gampang menumbuhkan sel kanker..

Virus

Pada binatang percobaan,virus jelas dapat menyebabkan kanker.pada manusia hal ini belum dapat di pastikan,tetapi beberapa jenis virus berhubungan erat dengan perubahan sel normal menjadi sel kanker,jenis virus ini di sebut virus penyebab kanker  atau virus orikogenik.terjadinya kanker hati (hepatoma) meningkat tajam pada  penderita Hepatitis kronis  akibat virus Hepatitis B dan C.

Hormon

Hormon adalah zat yang di hasilkan oleh kelenjar tubuh,yang berfungsi mengatur kegiatan alat-alat tubuh.Diethyl Stilbestrol suatu hormone seks buatan yang umumnya di gunakan untuk mengemukkan hewan ternak,terbukti sebagai penyebab timbulnya ,kanker rahim ,payudara dan alat reproduksi lainya.

Baca juga ; tes torch pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi pada ibu hamil

Pada beberapa penelitian di ketahui bahwa pemberian hormone,tentu secara berlebihan dapat menimbulkan,kanker pada bagian tubuh yang di pengaruhinya,seperti payudara,rahim ,indung telur,dan prostat.pengaruh hormon tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker yang belum di ketahui pasti, namun tetap memerlukan  pemeriksaan yang mendalam dan tindakan medis  jika mengalami ngangguan atau gejala hormon.

Factor fisika

Factor fisika yang terutama adalah radiasi seperti bom atom atau radioterapi agresif atau biasa di sebut  Radiasi sinar pigeon.kanker kulit dapat di timbulka oleh sinar ultraviolet dari sinar matahari

Kanker kulit atau leukemia dapat di timbulkan oleh sinar radioaktif  sinarX atau sinar radiasi.gesekan atau benturan pada satu bagian tubuh yang berulang,dalam jangka waktu yang lama,merupakan ransangan yang dapat mengakibatkan terjadinya kanker pada bagian tubuh tersebut.hal  demikian di sebabkan luka atau cedera pada tempat tersebut yang tidak sempat sembuh dengan sempurna,sehingga mengalami iritasi atau peradangan..

Pengobatan atau tindakan medis

Jenis pengobatan atau tindakan medis yang sering di lakukan pada dasarnya sama yaitu dengan;

1.       Pembedahan (operasi)

2.       Penyinaran atau radiasi radioterapi

3.       Obat-obat pembunuh sel kanker,atau melakukan khemoterapi

4.       Obat yang meningkatkan daya tahan tubuh

5.       Pengobatan dengan hormon,atau dengan obat herbal yang alami

6.       Tumbuhan obat dari daun ,akar atau pohon ,binatang atau mineral lainya.

Pada umumnya tindakan atau pengobatan di lakukan dengan salah satu jenis atau mengkobinasikan dengan cara-cara yang ada di atas.hasil pengobatan tentu tergantung dari tingkat stadium penyakit,apabila kanker stadium dini cepat di obati dan  di lakukan dengan tepat, maka penderita dapat di sembuhkan.

Tetap jaga kesehatan tubuh anda dan makan makanan sehat, sekaligus melakukan olahraga,agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit.