Widget HTML Atas

Mulai 2023 sebagian BBM akan hilang di pasaran

mulai 2023 sebagian BBM akan hilang dari pasar?? ada apa..!!

instagram pertamina



Ciri ciri negara maju, jarang terlihat adanya pengisian bbm , masyarakat lebih senang menggunakan transportasi umum, dan banyak pejalan kaki, pengelolaan sampah lebih efisien, masyarakat berpendidikan tinggi, taat peraturan di setiap tempat, seni budaya berkualitas tinggi ,SDM DAN SDA  standart international berpartisipasi dalam negri sendir
Topiknya adalah bbm jenis ron 88 dan ron 89 yang akan dihapus dan dihilangkan dari pasaran mulai januari 2023.

PT Pertamina (Persero) menegaskan sudah tidak menjual bahan bakar minyak (BBM) RON 88 alias premium sejak 2021 lalu. Bukan hanya premium (RON 88) yang dihapus. Namun, juga BBM dengan oktan rendah seperti RON 89.

Sebagai gantinya, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan saat ini pihaknya hanya menjual BBM RON 90, yakni pertalite.
"BBM yang disalurkan Pertamina sekarang paling rendah RON 90," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (25/10). Premium tak dijual seiring ditetapkannya BBM jenis pertalite sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).Klo pun BBM Pertamini hilang dari NKRI uga Rapopo ASAL kan tdk Menekan & Mengatur Penjualan BBM oleh Shell / Vivvo krn Keberadaan KIOS BBM Asing dpt Mengurangi BEBAN Negara
mobil tenaga matahari..logikanya jika pln juga masih pakai bbm dan batubara untuk pembngkitnya. maka ketergantungan pada minyak akan tetap tinggi. jd biarkan rakyat memilih bbm nya sendiri byk spbu swasta yg jual produk dan literan yg lebih jujur ketimbang spbu bumn. jd klu mau hps bbm tunggu teknologi masal yg menunjang dlu, karena selagi industri otomotif jepang yg menguasai pasar dlm negri jgn harap bisa cepat menghapus


Sebelumnya, pemerintah memastikan premium tak lagi dijual di pasaran mulai 1 Januari 2023. Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 62.K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.
Bahwa standar dan mutu (spesifikasi) bahan bakar minyak jenis bensin (gasoline) RON 88 yang dipasarkan di dalam negeri telah dinyatakan tidak berlaku terhitung mulai 1 Januari 2023," bunyi huruf a keputusan tersebut.Penghapusan dilakukan karena BBM jenis RON di bawah 90 dianggap tak layak lagi atau kotor. Sehingga, BBM yang dijual ke depannya hanya dengan bilangan oktan 90 ke atas.

Selain itu, dalam beleid ini pemerintah juga mengatur mengenai formula dasar perhitungan harga BBM mulai dari jenis premium. Sedangkan, untuk perhitungan harga premium hanya berlaku sampai akhir tahun dan mulai 2023 tidak ada lagi.
Formula harga dasar untuk jenis Bahan Bakar Minyak Umum jenis bensin (gasoline) RON 89 sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan menteri ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2022," tulis keputusan tersebut.
Selain Premium yang masih memiliki RON di bawah 90, ada juga produk BBM dari SPBU Swasta, Vivo yang memiliki RON 89, yakni Revvo 89. PT Vivo Energi Indonesia sendiri telah menetapkan rencananya untuk menghapuskan BBM Revvo 89 pada akhir tahun ini, sembari menghabiskan stok BBM tersebut.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menyebutkan, ada dua poin penting dalam kebijakan itu. Pertama, dari sisi lingkungan, akan tercipta lingkungan yang lebih baik.
Poin kedua, dari sisi harga. Mamit mengatakan, dengan membeli RON yang lebih tinggi, tentu masyarakat harus merogoh kocek lebih dalam.

Selain Pertamina, ada juga produk-produk swasta lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Tentu disesuaikan dengan kantong masing-masing. Sejauh ini, menurut Mamit, pertalite sudah bisa menggantikan premium.
Pemerintah telah menetapkan jenis bensin RON 90 dengan nama dagang pertalite menjadi jenis bahan bakar khusus penugasan (JBKP) menggantikan bensin RON 88 atau premium. Pasalnya, aturan BBM ramah lingkungan sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen LHK) Nomor 20 Tahun 2017.

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM)

screshoot iG.pertamina

 


Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto menilai bahwa pemerintah telah sepakat untuk menggunakan BBM ramah lingkungan. Bahkan, di dalam Permen LHK Nomor 20 Tahun 2017 tentang Penerapan Bahan Bakar Standar Euro 4. Dengan BBM berstandar Euro 4, maka seharusnya BBM yang beredar di publik yaitu bensin yang memiliki RON 95-98 .pengumuman ini dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum," tulis pengumuman Pertamina, Jumat (30/09/2022).
Harga Pertamax turun menjadi Rp 13.900 per liter juga berlaku di Nanggroe Aceh Darussalam, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara harga Pertamax di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan per 1 Oktober 2022 resmi turun menjadi Rp 14.200 per liter dari Rp 14.850 sejak 3 September 2022 lalu.
Sedangkan Riau, Kepulauan Riau, dan Bengkulu harga Pertamax menjadi Rp 14.500 per liter dari sebelumnya Rp 15.200 per liter.
Lalu, untuk harga Pertamax Turbo turun menjadi Rp 15.250 per liter, turun dari Rp 16.250 per liter sejak 1 September 2022 lalu.

Sementara itu, harga Pertamax di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur juga turun menjadi Rp 13.900 dari sebelumnya Rp 14.500 per liter. Adapun Pertamax Turbo turun menjadi Rp 14.950 dari Rp 15.900 per liter.

Sementara itu, harga Dexlite di Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan resmi dinaikkan menjadi Rp 18.100 per liter dari sebelumnya Rp 17.450 per liter sejak 1 September 2022 lalu.
Pertamina Dex juga resmi naik menjadi Rp 18.400 per liter dari sebelumnya Rp 17.750 per liter.Sementara harga Dexlite di Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur juga naik menjadi Rp 17.800 dari Rp 17.100 per liter. Untuk Pertamina Dex, naik menjadi Rp 18.100 dari sebelumnya Rp 17.400 per liter.

(Jadi kalau hari ini lambat laun RON 88 sudah dihapus itu dan Pertalite RON 90 dan bahkan di Permen LHK Pertamax itu bahkan dihapus ditingkatkan lagi Euro 4 yakni RON 95 atau 98," kata Sugeng.Idealnya adalah RON tertinggi itu lah yang disubsidi sehingga dapat BBM yang ramah lingkungan dan menjaga daya beli masyarakat. )

Meskipun bbm dibawah RON 90 dihapuskan nanti, namun masyarakat tidak perlu khawatir karena BBM dengan RON 90 keatas akan tetap tersedia di pasaran. Dengan adanya penghapusan BBM dengan RON dibawah 90 alias bbm jenis premium dan sejenisnya, maka diharapkan polusi udara di Indonesia akan semakin berkurang. Indonesia akan semakin hijau dan kualitas udara baik di perkotaan maupun di pedesaan, pegunungan dan perbukitan bisa semakin asri seperti kondisi alamiahnya. Dan anak-anak Indonesia bisa semakin cerdas karena tidak terpapar polusi asap kendaraan yang kurang berkualitas. Kira-kira seperti itulah tujuan mulianya. Bagaimana menurut pendapat anda?silahkan berkomentar...terimah kasih indonesia jaya.

marketing Affiliate niagahoster