Widget HTML Atas

Indonesia menjadi salah satu Negara yang paling berpengaruh di dunia

Indonesia juga memiliki peranan penting di dunia

Dalam catatan yang bertajuk Lowy Institute Asia Power Index 2023 yang di dalamnya memuat daftar negara dengan pengaruh kuat di seluruh benua Asia tahun ini. artinya aktivitas ekonomi, politik dan militer yang ada di seluruh benua Asia sangat dipengaruhi oleh segelintir negera ini. Dan di dalamnya termasuk Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan pengaruh terkuat di Asia. Dalam daftar tersebut ,sudah tak diragukan lagi 2 negara super power memimpin daftarnya, AS dan China menjadi negara paling berpengaruh di Asia dengan perolehan poin masing-masing 80,7 dan 72,5..

Foto/Instagramkabarharian/screshoot/uang kertas


Meskipun terdiri dari lebih 100 negara, dengan luas muka buka jutaan kilometer persegi, namun sejatinya ,dunia yang kita tempati saat ini dipengaruhi oleh hanya segelintir negara saja di dunia. Banyak hal yang menyebabkan segelintir negara ini sangat punya andil dalam menentukan kebijakan, roda dan jalannya kehidupan di banyak negara di seluruh dunia. Dan Indonesia yang sangat kita cintai dan banggakan ini, ternyata menjadi salah satu negara yang paling punya pengaruh paling besar di dunia.

Amerika Serikat merupakan negara adidaya di Asia setelah menentang tren penurunan yang berkelanjutan untuk mencatat kenaikan tahunan pertamanya dalam kekuatan komprehensif pada tahun 2021, skor keseluruhan AS turun sebesar 1,5 poin pada tahun 2022, sekaligus mencatatkan skor terendahnya dalam edisi Asia Power Index.di bawah China, ada Jepang dengan level pengaruh 37,2, kemudian diikuti oleh negara India dengan skor pengaruh berbeda tipis yaitu 36.3. 

Negara beruang merah Rusia ternyata juga menjadi negara yang punya pengaruh besar terhadap Asia yakni di posisi 5 dengan skor 31,6. Tetangga di Selatan Indonesia, Australia ternyata tetap menjadi negara yang punya pengaruh kuat terhadap benua Asia meskipun jumlah penduduknya relative kecil yakni diposisi 6 dengan skor 30.9. Negara asal Kpop Korea Selatan membayangi Australia sebagai negara yang punya pengaruh yang tak bisa diragukan lagi terhadap Asia yakni dengan level pengaruh 29.5 di posisi 7. Selanjutanya kecilkecil Cabe Rawit, tak membuat negara ini menjadi kerdil juga. Buktinya Singapura yang luasnya hanya sedikit lebih besar dari Jakarta, berada di posisi 8 negara yang punya pengaruh kuat terhadap ekonomi dan politik Asia dengan skor 25.1. Dan Indonesia, berada di posisi 9 negara dengan kekuatan pengaruh terbesar kepada ekonomi dan perpolitikan Asia dengan skor pengaruh 19.4.

Pengaruh Jokowi dinilai besar di nasional dan international

Foto/Instagram/katamilenia/screshoot/Jokowi

Indonesia sendiri berada di urutan ke-9 mengalahkan,Thailand dan Malaysia. Indonesia merupakan satu dari hanya enam negara di kawasan ini yang mencatatkan peningkatan skor penilaian pada semua indikator.Presiden Jokowi di nilai berhasil dalam kepemimpinanya sehingga di nilai memberikan peranan penting bagi dunia,terlebih setelah menjadi pemimpin negara Asia dan menjadi tuan rumah G20 ,dan menjadi pemimpin negara asia yang bertemu Presiden Rusia Vladimir putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam misi perdamaian,pasca invasi Rusia ke Ukraina,hingga upaya gugatan Uni Eropa di WTO.

Indonesia memiliki kinerja terbaik dalam tindakan ketahanan dan pengaruh diplomatik. Kendati demikian, ukuran terlemahnya adalah kemampuan militer dan jaringan pertahanan.Selain itu, untuk kategori pengaruh diplomasi Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat, mencerminkan peran pentingnya di ASEAN dan sebagai ketua G20 tahun 2022.

Indonesia memberikan pengaruh yang sedikit lebih besar di kawasan ini. Mengingat sumber daya alam yang begitu melimpah seperti pertambangan, perkebunan membuat Indonesia unggul dalam hal ekspor komoditas tersebut.Direktur Executive patner politik Indonesia menjelaskan, Jokowi dan jajaranya juga berhasil dalam bidang ekonomi.Menurut laporan badan statistik (BPS ) pertumbuhan ekonomi pada kuartal III_2022 sebesar 5,72% dan peningkatan ini melampaui pertumbuhan ekonomi kuartal I_2022 sebesar 5,01 persen dan kuartal II -2022 sebesar 5,44 persen.

Dengan sumber daya yang ada bahkan Indonesia tengah berjuang keras untuk mengangkat derajatnya dari negara berkembang menjadi negara maju,pembagunan infrastruktur yang merata era Jokowi hadirkan keadilan,dengan mudahnya akses lewat jalan,jembatan,bahkan pelabuhan,mendorong peningkatan ekonomi masyarakat.Hal ini ditegaskan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali terutama dalam merealisasikan industri hilirisasi yang 'katanya' bakal membawa Negeri ini naik derajat.Saat ini yang tengah pemerintah tengah membentuk ekosistem yang bakal menjadikan Indonesia 'raja baterai EV' dunia. Ini berkaca pada negeri tetangga seperti Inggris, Taiwan dan Jepang yang sukses melakukan hilirisasi dan berhasil mengangkat derajat negaranya.Itulah sebabnya Indonesia tak ingin terjebak menjadi negara berpendapatan menengah (middle income trap) karena Indonesia punya potensi untuk berpindah.

Kalau kita lihat ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun sebetulnya masih terbuka lebar untuk menjadi negara maju. Lihat saja, pasca dihantam pandemi covid-19 yang menghantam Indonesia sejak Maret 2020, membuat perekonomian jatuh ke jurang krisis.Akan tetapi, dalam waktu yang tidak terlalu lama, hal itu bisa dikendalikan oleh pemerintah dan mampu pulih sejak pertengahan 2021.Sejumlah isu politik membuat Presiden Indonesia Jokowi semakin di sorot.dinamika politik Indonesia yang menjadikan Jokowi sebagai tokoh sentral pemberitaan di berbagai media massa,diantaranya Isu terkait IKN,UU cipta kerja,hingga isu perpanjangan jabatan.apa pendapat anda,silahkan berkomentar dengan bijak..!!terimahnkasih.