5 macam motif dasar pembeli

kesenangan pembeli
kesenangan dengan hal2 yang tidak menyusahkan,santai,comport,comvenience.pada dasarnya manusia mengharapkan sekali suatu cara yang mudah senang dan seenaknya bagi kehidupanya atau anggota keluarga yang mereka cintai.bebas dari pekerjaan-pekerjaan yang keras,yang tidak menyenangkan.oleh karena itu pengembangan alat2 mekanis yang dapat mengurangi pemakaian tenaga manusia dan waktu,baik untuk pekerjaan2 rumah maupun industri.contohnya mesin cuci otomatis,alat untuk mengangkat barang-barang yang berat,kursi santai untuk istirahat.
kesenangan pembeli

safety dan protection
keamanan dan perlindungan dan adanya keinginan keras secara naluri dari setiap orang,agar ia selalu aman dan mendapatkan perlindungan dari marah bahaya yang dapat menimpahnya.dalam kehidupan,kebahagiaan serta kesehatanya.
banyak sekali pembelian2 yang di lakukan adalah hasil dari keinginan perorangan maupun pengusaha untuk dapat melindungi mereka sendiri,keluarganya atau karyawanya terhadap bahaya dapat merusak fisik seseorang.
suatu asuransi di tutup seseorang karena ia ingin agar keluarganya di lindungi dan terjamin setelah di tinggal mati olehnya.begitupun asuransi untuk beasiswa belajar untuk anak2 merupakan contoh lain dari tindakan seseorang untuk menjamin,kelanjutan studi anak-anaknya.
obat-obat yang di beli untuk kesehatan,begitupun baju-baju dingin,jacket,jas hujan di beli atas dasar motive ini.di luar negri,senjata apipun seringkali dibeli oleh kepala keluarga untuk tujuan safety dan protection motive.

baca juga 
memperoleh keuntungan dan ekonomi
salah satu keuntungan motivasi yang terampuh terhadap penjualan ialah keinginan yang umum untuk menghemat uang dan memperoleh keuntungan.hal ini merangsang seseorang untuk berbelanja keliling di tempat-tempat yang kemungkinan harga barang agak miring sehingga penghasilan dapat ia manfaatkan seluas mungkin.
di sektor industri seringkali terlihat si pengusaha mencari penawaran yang terendah,di masukkan masing2 oleh penjual barang yang saling bersaing.tujuan mereka adalah tiada lain menghemat biaya dan memperoleh keuntungan.hal ini terlihat lebih nyata pada pengusaha-pengusaha yang biaya investasi yang agak kecil.

kepuasan dan kebanggaan
keinginan untuk di kagumi oleh orang lain,kuat sekali di rasakan oleh kaum pria maupun wanita,terutama mereka yang sadar akan tampang baik yang mereka miliki.
kebanggaan terhadap tampang yang di miliki seseorang,kebanggaan akan kecakapan melakukan sesuatu dan kedudukan sosial tinggi yang di perolehnya,begitupun kedudukan tinggi dalam bidang usaha adalah merupakan motif yang kuat dalam terjadinya suatu pembelian.
mereka yang selalu menuruti mode atau menganggap dirinya modern pun merupakan suatu kebanggaan yang membawa akibat pembeli barang2 baru yang memiliki gaya.
demi mempertahankan harga diri dan prestise orang2 memakai pakaian2 yang mahal,mengendarai mobil2 mewah atau menjadi salah satu anggota club/scuad yang eksklusif dan mahal,atau ikut serta bermain golf.keinginan manusia agar di senangi oleh orang lain merupakan dorongan kuat yang menyebabkan orang membeli beraneka macam jenis barang2 seperti misalnya parfum,sepatu,jam tangan dan yang lain.

motif kasih sayang
inipun merupakan motif kuat yang menyebabkan barang terjual,kasih sayang terhadap mereka yang di cintai,para orang tua terhadap anak2 mereka,anak-anak terhadap orang tua,suami terhadap istri,istri terhadap suami,kasih sayang terhadap dua sejoli. yang sedang memadu cinta dan lain sebagainya.
barang-barang yang di beli karena motif ini bisa dari barang mainan yang murah sampai perhiasan,emas,berlian yang mahal,bahkan rumah mewah atau mobil.semua tergantung dari kekuatan dan kemampuan finansial konsumen.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel