beberapa sifat yang harus di perhatikan bagi wiraniaga

sopan santun (courtesy)
tiada seorangpun manusia yang tidak ingin di hormati,apapun kedudukanya.begitupun para langganan.menyapa mereka dengan selamat pagi siang dan sore adalah suatu keharusan.langganan yang kita ketahui namanya dapat kita lanjuti dengan kata2 pak atau bu,yang belum kita kenal cukup dengan selamat pagi pak atau bu,bila langganan seorang wanita.
penting untuk di ingat agar setiap langganan harus kita sapa dengan kata pak,walaupun langganan kita adalah non pribumi besar kemungkinan,langganan akan merasa tersinggung,bila kita yang lebih mudah menyapa mereka dengan kata2 ko-mas,bung atau saudara.janganlah pula lupa mengucapkan terimah kasih sebagai kata penutup,walaupun tidak memperoleh order dari orang tersebut.
ketulusan ( sincere ty)
ketulusan yang timbul dari kejujuran dan keaslian sifat akhlak yang menonjol menciptakan suatu kepercayaan di dalam benak seorang pembeli.kepercayaan adalah dasar dari suatu hubungan baik antara pembeli dan penjual.
kepercayaan akan diri sendiri (self confidence)

kepercayaan akan diri sendiri, dan keberanian perlu sekali untuk memungkinkan seorang wiraniaga menghadapi penghinaan,kekecewaan dan tantangan dari pembeli dan untuk tetap bertahan dalam usaha menghadapi kegagalan menjual.
bersemangat/minat besar (enthusiasm)
semangat serta minat yang besar,memperkuat persembahan presentation seorang wiraniaga yang dapat menimbulkan keinginan menciptakan kemantapan di benak seorang pembeli akan barang yang di tawarkan.nyala api di dalam tubuh yang mempertahankan kehidupan semangat,mengatasi kekecewaan dan mengubah tugas yang membosankan menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan.
kejujuran (honesty)
kejujuran adalah suatu hal yang mutlak untuk membina suatu reputasi dalam karier.sifat suka akan kebenaran dan itikat untuk tidak mengakali langganan mengenai barang yang di tawarkan atau tindakan yang akan di lakukan adalah kunci utama untuk membuka hubungan baik dengan para langganan.hindari keinginan untuk memberikan janji yang berlebihan tentang barang yang di tawarkan atau persoalan2 lainya.begitupun kecenderungan untuk memberikan keterangan2 yang tidak benar dan membohongi langganan harus di hindarkan.
inisiatip ( initiative )
semangat berusaha penting untuk wiraniaga dalam mencari terus calon-calon yang mungkin menjadi langganan,tunjukkan pada calon kebutuhan2 mereka dan yakinkan akan manfaat yang dapat di peroleh dari barang dan jasa.yang kita tawarkan.seorang wiranaga harus mempunyai sifat seperti suatu alat bateray yang mengisi sendiri.karena dalam tugasnya di luar ia berdiri seorang diri tanpa ada yang bisa mendorong.
daya khayal dan daya akal ( imagination and resourcefulness )
daya khayal bagi wiraniaga yang kreatif perlu,agar hal2 yang mengenai penerapan baru dari barang,tehnik perencanaan dalam mengembangkan penampilan barang dapat lebih di dramatisir oleh wiraniaga sehingga langganan merasa adanya kebutuhan yang betul2  perlu di penuhi.
daya akal dalam sistem penjualan modern adalah kemampuan untuk mengatasi,sikap acuh tak acuh atau tantangan dari pihak langganan,dengan memberikan sesuatu yang baru atau cadangan tentang ide,keterangan,bukti dan lain-lain.untuk menjamin di perolehnya keyakinan atau memperoleh tujuan dari wiraniaga.
perlu di catat di sini bahwa kedua daya tersebut di kembangkan dan diterapkan dalam batas2 yang wajar sehingga tidak menjurus kepada hal2 yang negatif yang telah di paparkan dalam pembahasan tentang ketulusan (sincerety) dan kejujuran ( honesty ).
melihat keadaan suasana ( tact)
tact adalah kemampuan untuk melihat suasana dalam hal apa yang perlu di lakukan dan apa yang perlu di katakan dalam hubungan  langganan yang dapat di anggap menghina.
ini berarti penangkapan mental tentang apa yang cocok atau pertimbangan apa yang di ambil dalam berurusan dengan pendapat orang lain.sebaiknya dalam hal ini juru jual menghindari untuk berbantahan dengan langganan.
tect biasanya mengurangi sales resistance dan menjamin tercapainya tanggapan yang lebih baik dari langganan.
kesetiaan ( loyalty )
seorang wiraniaga yang baik menganggap bahwa sudah menjadi kewajibanya untuk tulus dan setia demi kepentingan langganan maupun perusahaan yang di wakilinya.kesetiaan terhadap perusahaan barang2nya serta kebijaksanaan yang di gariskan harus di pertahankan dalam menghadapi kritik2 dari para pembeli dan para pesaing.
menyukai sesamanya yang wajar (a genuine liking for people )
sifat yang sangat berharga sekali,bila seseorang wiraniaga selalu mempunyai sifat yang tulus dalam memperhatikan kelakuan ,sikap,kepribaadian dan problema yang di hadapi seseorang.untuk dapat bergaul dengan orang2,wiraniaga harus bersabar dan ada toleransi mengenai apa yang di sukai mereka.wiraniaga harus bisa menunjukkan kewajaran dalam membantu memecahkan persoalan pribadi orang lain. 

baca juga

langganan sebagai pembeli
langganan yang kita hadapi sebagai seorang pembeli sebetulnya tiada lain adalah seorang manusia biasa.sebagai seorang manusia tiap-tiap langganan mempunyai keinginan dan kebutuhan yang berbeda-beda,begitupun sikapnya,sifatnya serta cara berpikirnya.faktor yang menentukan mengenai hal tersebut di atas adalah perbedaan faktor yang menentukan mengenai hal tersebut di atas adlah perbedaan umur,pendidikan dan keadaan/kehidupan social dari masing2 langganan.
seorang wiraniaga yang terlatih akan mengetahui dari semula bagaiman caranya memberikan kepuasan kepada para langgananya,baik langganan yang membeli barang untuk keperluan kantor dan proses produksi,maupun langganan yang membeli barang untuk di pakai sendiri atau anggota keluarganya.pengetahuan dasar yang perlu di selami terlebih dulu sebelum terjun ke lapangan untuk menghadapi para langganan yang beraneka ragam keinginan dan kebutuhanya.serta beraneka macam sifat,sikap dan cara berfikirnya.
sering terlihat kegagalan perusahaan di bidang penjualan,di sebabkan karena perusahaan yang menuntut para wiraniaga untuk menjual secara sukses,tidak mendapatkan dukungan dari juru jualnya.hal ini bukanlah kesalahan 100% dari wiraniaga karena mereka belum mendapatkan latihan dasar salesmanship,yang sebenarnya harus di berikan oleh perusahaan tersebut.
pengetahuan dasar yang perlu di selami terlebih dahulu adalah ;
  • mengapa seorang langganan membeli?
  • bagaimana proses pembelian,serta keputusan yang di ambil untuk membeli
  • sifat-sifat dasar langganan yang akan di hadapi sebagai seorang individu seperti mengapa langganan melakukan tindakan membeli.perilaku pembelian seorang langganan di atur oleh dorongan-dorongan (motive) yang di pengaruhi lagi oleh adanya rangsangan fisik dan mental sehingga ia dapat mengenali kebutuhan yang ada.kebutuhan yang timbul biasanya di susuli oleh tindakan memilih barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan,memilih penjualnya dan waktunya,serta menyetujui tentang persyaratan penjualan serta harganya.
  • motive yaitu dorongan yang dapat membuat seseorang segera melakukan sesuatu contohnya adanya rangsangan rasa lapar,timbul dorongan untuk pergi ke rumah makan untuk mendapatkan kepuasan terhadap rangsangan pertama.
Beberapa motive dasar yang sering di sebut oleh ahli psykologi adalah lapar,haus,cinta,benci,takut,bangga,irihati,kesehatan,rasa aman dan lain-lain.beberapa motive ada yang timbul menurut naluri,ada pula yang timbul atau di peroleh sebagi hasil dari suatu lingkungan environment,pendidikan,status sosial,umur,jenis kelamin dan kesanggupan.
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel