Widget HTML Atas

Samsung the freestyle proyektor portable

Desain unik Samsung the freestyle proyektor portable 1080p

samsung the freestyle 1080p

ini adalah Samsung The Freestyle! Ini proyektor portable dan smart dari Samsung. Awalnya saya nggak minat ya buat cobain nih barang. Denger jenis barangnya aja udah berasa bosen: proyektor. Heeeehh. Tapi pas tau harganya sampe 15 juta di toko resmi Samsung Indonesia, saya jadi penasaran. Proyektor kok mewah. Kalau di toko lain, saya ada nemu yang jual di harga 11.5 juta sih, tapi kita dapet proyektornya . nggak dapet aksesoris tambahan kayak Travel Case sama Powerbank 65 Watt.1
Padahal keduanya ini penting,

buat maksimalin salah satu nilai jual The Freestyle, ini tinggal diangkat karena bentuknya portabel banget. Enak buat dibawa-bawa. Dari thumbnail aja, udah berasa ya kalau The Freestyle punya ukuran yang compact. Pegang pake satu tangan aja udah yakin. Beratnya juga pewe, kurang lebih 800 gram doang. The Freestyle ini lebih enteng lho, dari laptop ultra portable yang biasa kita bawa keliling kemana-mana. Bentuk silindernya ngasih kesan yang modern, simpel, minimalis, ga ribet lah,warnanya putih lagi, netral,kerasa cocok kalau kita tongkrongin di berbagai macem ruangan. Kecuali ruangan yang punya tema vintage kali ya,yang jadul-jadul banyak ukiran gitu bakal nonjol nih proyektor. Biar enak ditongkrongin, di bodinya ini udah dipasang semacem kaki,atau dudukan lah, yang kebuat dari besi solid, dan ada engsel yang bisa muter 180 derajat juga.Mau hadep depan, atas, belakang, bebas.
Diputer ke bawah pun sebenernya bisa kalau kita pakein aksesoris ,yang namanya Socket Adapter.Jadi proyektornya ini bisa dipasang di fitting lampu loh, ini unik banget,jadi gambarnya bisa ditembakin ke bawah gitu.

Itu… Kalau kitanya kreatif, potensinya gede sih. Saya kepikirannya kayak buat nunjukin hasil desain interior di atas meja, atau jadi map game game kartu kayak kartu yu gi oh… Seru banget. Tapi sayangnya Socket Adapter belum masuk di Indonesia. Desain dari The Freestyle ini bener- bener sesuai sama namanya lah, bebas dibawa, bebas dipajang, bebas diputer-puter… Asik. Yang harus jadi catatan buat desain The Freestyle ini, selama nyobain,saya ada 2-3 kali nemuin bercak debu di bodinya ya. Warna putih, tekstur doff, sering di pegang, ya memang bakal rentan kotor sih, Untung kalau bercaknya debu doang, kita tinggal lap aja, bersih lagi atau usap-usap pake jari, atau bisa pake penghapus juga loh. Makanya biar bodi proyektor ini lebih aman, mau dari debu, atau dari goresan pas kita mau bawa-bawa, kita tinggal masukin ke dalem travel case aja. Kalau travel casenya ini badak sih. Kalau diketok, tangan kita yang sakit. Kegesek-gesek barang kayak kunci juga masih aman banget, anti scratch.

proyektor portable yang mungkin bakal menjadi TV masa depan

 

Di sekeliling bodi The Freestyle ini udah ada built in speaker Dolby Digital Plus 360 derajat yang dayanya 5 Watt. Suaranya mirip kayak speaker bawaan TV 50 inci ke atas ya. Cukup. Tapi kalau pengen pengalaman suara yang lebih maksimal mending dicolokin ke soundbar atau bluetooth speaker sejuta ke atas. Di bodinya juga ada beberapa port buat input. Kayak port USB type C, Micro HDMI yang support eARC, sama power switch mikrofon buat aktifin voice assistant Bixby.Cuma, yang unik dari mikrofon disini, suara kita ga bisa ditangkep oleh proyektornya langsung ya,tapi harus pake One Remote. One Remote ini buat ngontrol si Freestyle ya, bentuknya mirip kayak One Remote buat Smart TV Samsung, tipis-tipis kayak gini. Casnya pake USB Type C. Dan ngomong ngomong soal USB type C. Buat hidupin The Freestyle, kita tinggal colokin adapter type C bawaannya aja.Atau kita bisa pake powerbank yang dibonusin ini. Makanya tadi saya bilang, bonusnya ini lumayan penting ya. Powerbank lain sebenarnya aman, asal dia punya minimal output 50 Watt. Jadi kita bisa pake Freestyle ini di tempat yang ga ada colokannya. Misalnya pas lagi outing, malem-malem mau nobar, Ini EO senang sih ada alat kayak ginian. Bisa! Pas saya cobain pake powerbank bonus ini, yang dayanya 20.000 mAh, dia bisa tahan 2 jam di brightness maximum. Mau nonton apapun, hayok lah. Netflix? Youtube? HBO? Anime? Streaming sinetron biar bisa nobar bareng ibu ibu satu RT? Monggo.Anggep aja udah kayak Smart TV. Soalnya The Freestyle ini pake OS Samsung Smart TV Tizen yang OTT Certified,persis kayak Smart TVnya Samsung.Jadi pengalamannya juga mirip. Ini yang bikin saya demen sih.Proyektor tapi isinya kayak Smart TV. Boleh dibilang, Samsung The Freestyle ini udah kayak Smart TV yang bisa dibungkus, Smart TV yang masuk tas, Smart TV yang bisa hidup pake power bank doang, dan Smart TV yang bisa suka-suka pilih ukuran layarnya, bisa kita sesuaiin dari 30 inci sampe 100 inci, mantep sih.

Samsung ada ngasih panduan soal jarak ideal buat masing-masing ukuran ya,

tapi ya ini kita coba-coba sendiri aja lah nyamannya kayak gimana. Mantaplah.

Tapi yang harus jadi catatan,The Freestyle ini nggak punya decoder TV analog atau digital ya.

Jadi kalau mau nonton TV kita ngga bisa colokin antena, kita harus pake streaming lewat internet.Selama nyobain proyektor ini, saya ada nemuin beberapa fitur yang bikin dia berasa lebih suka-suka lagi, lebih berasa Freestyle lagi. Pas kita posisiin proyektornya agak miring di dinding, dia bisa lurusin sendiri. Perspektifnya yang agak ngaco pun bisa dilurusin.Nama fiturnya ini auto Keystone ya.Kalau misalnya dudukan si proyektornya agak miring pun, misalnya kita lagi taruh di sofa, atau diatas tanah, dia bisa auto lurusin tanpa harus kita setting-setting lagi. Udah sepinter itu. Kalau kitangerasa posisi framingnya kurang pas pun, kita juga bisa geser geser kanan kiri atas bawah. Fitur ini bisakita aktifin kalau luas framenya kurang dari 50%. Kalau misalnya si framenya udah 80%, 100%, yaitu ga bisa digeser-geser lagi ya. Soalnya sistemnya memang kayak gitu, dia bisa auto lurusin tadi, atau auto puterin tadi karena dia punya ruang lebih buat di geser-geser, buat ditarik-tarik. Kalau misalnya proyektornya udah lurus dari awal, itu paling bagus. Fitur lain yang saya suka juga,The Freestyle ini punya sistem Smart Calibration buat auto nyesuaiin warna gambar sama warna background.Ini cakep, jadi kita nggak harus pake dinding warna putih, pokoknya kalau ngga putih ngga bisa. Di The Freestyle ngga harus, mau dindingnya agak kekuningan bisa, dinding abu, aman, jadi ya gitu, lama-lama saya udah berapa kali nih ngomong Freestyle karena ya bebaslah. Proyektor ini juga bisa kita konekin ke HP lewat sistem Smart Things di hape Samsung Airplay juga bisa, bener-bener persis kayak Smart TVnya Samsung. Kalau proyektornya lagi nggak kepake buat nonton, ada fitur buat nampilin mood lighting, tapi saya ga terlalu sering pake karena di rumah saya dan di studio saya sudah ada lampu khusus buat lighting, jadi sayang kalau proyektornya buat kayak gituan. Kita juga bisa pasang hiasan-hiasan di dinding serasa punya lampu neon, bisa pamerin foto-foto.

Proyektor yang lagi-lagi kayak TV sih, bisa pamerin banyak hal gitu. Buat kualitas proyeksinya sendiri The Freestyle ini paling cocok dipake di kondisi cahaya yang minim ya. di ruangan yang lampunya mati semua.Kalau mau pake siang-siang, tirai harus ditutup jadi.Jangan sampe ada banyak cahaya bocor.Brightness maksimalnya ini di klaim Samsung 550 lumens.kita pake siang-siang, atau ruangan yang lampunya hidup,gambarnya nggak bakal kelihatan jelas.Ya ujung-ujungnya, jiwa dari The Freestyle ini teteplah sebuah proyektor ya. Yah, karena The Freestyle ini, saya jadi lebih update sama dunia proyektor.Fungsinya nggak sekaku dulu lagi yang cuma dipake di ruang kelas lah, kantor, tempat meeting…Sekarang bener-bener bisa dimana aja. Mau ditaruh di meja bisa, di kursi bisa, digantung di tempat lampu bisa, dibawa outdoor bisa, nampilin gambar tanpa harus kecolok ke laptop, bisa…Namanya emang sesuai lah, The Freestyle. Seru buat dicobain. Cuma, kalau liat harganya yang lebih dari 10 juta, Samsung The Freestyle emang lebih cocok buat orang yang punya budget lebih buat urusan gaya hidup ya, yang budgetnya tuh banyak, alias kaya buat ningkatin lifestyle,mau lifestyle dalem rumah, di luar rumah…

Ini tipe barang yang dibeli kalau orangnya udah punya Smart TV yang bagus, yang gede, HP flagship, yang mewah-mewah lah,terus mau cari mainan baru lagi. The Freestyle ini boleh dicoba. Asik.Demikian reviuw saya buat Samsung The Freestyle.

silahkan berkomentar,,,,,,,,
Sutt..jalanpisang terimah kasih...