Widget HTML Atas

Bagaimana indonesia berjuang menangkal resesi 2023

Bagaimana indonesia berjuang menangkal resesi 2023

Disaat banyak orang yang panik karena isu resesi 2023, ternyata ada orang orang yang panen keuntungan, uang dan cuan dari kepanikan massal tersebut.dari semua sektor bahkan aspek tetapi selama kita masih hidup dan sehat walafiat kita didorong terus survive sebisa mungkin selektif lebih mendahulukan kebutuhan dan membantu sesama lebih meringankan dampak resesi.Isu terjadinya resesi ekonomi 2023 kian menyeruak di kalangan masyarakat Indonesia. Hawa resesi global kian terasa setelah Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) mengumumkan akan menurunkan proyeksi terhadap pertumbuhan global pada 2023. 


 

Keputusan ini diambil melihat ketidakstabilan keuangan yang terus mengalami peningkatan. Banyak pihak seakan berlomba-lomba menggoreng dan terus menggoreng isu ini hingga berbagai media pemberitaan baik media mainstream maupun media social selalu ramai riuh dengan isu seksi ini. Ada yang menyampaikan dampak ngeri seakan resesi itu bak hantu yang sangat bikin parno, ada yang menyarankan melakukan tips ala ala a, b, c , d, Z.... lala lala..lalu bersembunyi dengan kata “ini yang gw praktikin ya” padahal berusaha membangun opini dan mindset yang kadang keliru, dan lain sebagainya. Apa iya musti disampaikan dengan cara seperti itu?

Resesi ekonomi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kondisi dimana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.
 
Dampak resesi ekonomi lebih kurang seperti ini:
Setahu saya sebagai rakyat Indonesia  dari kecil hingga saya dewasa sdh merasakan kehidupan  yg kalo bisa  serba sederhana jadi tidak ada yg perlu dirisaukan dengan adanya predeksi Resesi Dunia  tdk mempengaruhi kehidupan kami rakyat kecil  yg terpenting jalani hidup ini dengan rasa syukur dan tetap berusaha  dalam menjalani kehidupan  tetap semangat dan berpositif thinking jangan mudah terpengaruh dengan pikiran2 negative itu saja bagi saya menghadapinya

1. Perlambatan ekonomi akan membuat sektor riil menahan kapasitas produksinya sehingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
 

2.kalo memungkinkan cari tambahan dgn usaha
3. Kinerja instrumen investasi akan mengalami penurunan sehingga investor cenderung menempatkan dananya pada bentuk investasi yang aman.
4. Ekonomi yang semakin sulit pasti berdampak pada pelemahan daya beli masyarakat karena mereka akan lebih selektif menggunakan uangnya.

Mantan menteri keuangan M.Chatib Basri mengatakan ekonomi Indonesia tidak akan terperosok hingga membukukan pertumbuhan negatif. Dia yakin Indonesia akan tetap tumbuh, tetapi pertumbuhannya melambat.pekerjaan menyesuaikan keadaan itulah rakyat indonesia rakyat pejuang.

(Jadi, misalnya konsumsi growth-nya 5 koma sekian jadi 4 koma. Itu mirip waktu sama tapering-lah," ujar Chatib dalam dialog bersama CNBC Indonesia, dikutip Senin (10/10/2022). Kalau orang beranggapan ada ekonom kita akan krisis, saya mungkin gak beranggapan akan begitu. Tapi slowdown akan iya," tegasnya.

RAKYAT INDONESIA JUSTRU RAS BANGSA PALING BERUNTUNG DI BUMI JUGA CERDAS, RAKYAT INDONESIA DI DESA DESA DUSUN DUSUN KUAT BERTAHAN HIDUP KARNA KECERDASANNYA MENGOLAH MASAKAN SAGU, JAGUNG, SINGKONG, KACANG, DENGAN SAYURAN GRATIS DARI SEMAK ALAM LIAR HUTAN : PAKIS PAKU, JAMUR SAWIT, GENJER , RIMBANG, REBUNG BAMBU, SIMINYAK, SLADA AIR,. JUGA DGN 1001 BUAH HUTAN SEMAK PELAM, PAUH, BACANG, TAMPOI, TARAP, CEMPEDAK, ....JUGA NELAYAN INDONESIA YG SEMOK TEMBEM KARNA PUAS MAKAN IKAN , UDANG, KEPITING, KERANG ....

Presiden Partai Buruh Said Iqbal mengimbau agar pemimpin menumbuhkan optimisme dan melakukan langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadi resesi.
"Para tokoh publik yang menyatakan ancaman di depan mata adalah provokatif dan menimbulkan monster ketakutan bagi kaum buruh dengan momok monster PHK. Oleh karena itu, partai Buruh mengecam keras kalimat yang pesimis yang bertentangan dengan sikap Presiden Jokowi yang menyuarakan optimisme," tegasnya.

Tidak hanya tokoh publik, para penggiat media sosial, konten kreator hingga influencer juga banyak sekali yang seakan berlomba menggembar gembor kan isu resesi ini dan terkadang ada yang mengarahkan kepada tindakan-tindakan yang tidak berdasar. Orang yang menelan mentah-mentah saran-saran yang disampaikan di media sosial tersebut akhirnya terjebak ke dalam tindakan yang justru malah merugikan diri sendiri.

Lalu, bagaimana mempersiapkan kondisi keuangan kita agar dapat meminimalisir dampak dari kemungkinan resesi ekonomi tersebut? Kami punya beberapa tips nih Sobat yang dapat kamu lakukan, agar tetap tetap bertahan!!





#  Pastikan 20% dari dana yang kalian gunakan untuk investasi dialokasikan untuk dana darurat pada instrumen yang sangat likuid dan disiplin mempersiapkannya.

#.Kita sudah beberapa sering mengalami resesi. 1965 , kemudian setelah era perang Vietnam, kemudian 1998 dan 2021. Jika dihadapkan situasi terparah mau tidak mau kembali ke Zaman barter. Setarakan mata uang dengan komiditi yang Indonesia punya. New Zealand aja mengambil sikap politik seperti itu, Arab Saudi nilai real sesuai jumlah produksi minyak makanya disebut petrodolar.
#. Mulailah untuk mengurangi dan tidak menambah beban-beban pengeluaran seperti utang, jika memungkinkan maka segera lunasi.
#. Lihat kembali portofolio investasimu, jika kondisi pasar global sudah mulai menurun maka segeralah atur ulang portofolio investasimu kedalam bentuk yang lebih aman seperti emas.
#. Hiduplah dengan sewajarnya dan nggak perlu panik ya Sobat! Tetap lakukan konsumsi seperti biasa karena ini bisa membantu ekonomi tetap tumbuh.

TIPS UNTUK MENGHADAPI RESESI: JAGAKESEHATAN DAN PRODUKTIF.seberapapun uang yg di miliki akan habis kalo tidak sehat.cermatilah perkembangan kondisi ekonomi terbaru,dan mulailah memanfaatkan peluang di sekitarmu,yang dapat bernilai ekonomi,jangan ragu untuk usaha walaupun dalam bentuk usaha kecil-kecilan...terimah kasih silahkan berkomentar di bawah mengenai pendapat anda tentang  keadaan saat ini.
.